Skip to main content

ISKA Membagi Kasih dengan Kelompok Lansia di Paroki Sudiang

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar kegiatan membagi kasih bersama kelompok Lanjut Usia (Lansia) di Gereja Katolik Santa Maria Rosa, Mystica Sudiang, Kota Makassar, Minggu (14/1/2018). (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar kegiatan membagi kasih bersama kelompok Lanjut Usia (Lansia) di Gereja Katolik Santa Maria Rosa Mystica Sudiang, Kota Makassar, Minggu (14/1/2018).


Ketua DPD ISKA Andreas Miraruntuwena dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas program kerja bidang sosial dan kerohanian DPD ISKA Sulsel periode 2017-2021. Program ini disebut sangat menyentuh kebutuhan manusia terkhususnya kelompok Lansia. Di mana Lansia adalah kelompok usia yang sangat tidak produktif lagi. 


“Pada kesempatan itu dibagi bingkisan kasih berupa makanan dan minuman yang dicicipi bersama-sama dan juga bingkisan yang dibawa pulang kerumahnya masing-masing oleh lansia yang hadir saat itu. Kelompok lansia yang pada saat itu sekitar 50-an orang,” kata Andreas Miraruntuwena.

Pastor Paroki Santa Maria Rosa Mystica Pastor John Turing datang menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPD ISKA Sulsel atas kunjungannya. Ia berharap semoga apa yang dilakukan ISKA dapat membawa berkah bagi kita semua. 

Pastor John Turing panggilan akrab pimpinan gereja tertinggi di paroki Sudiang menjelaskan bahwa di Parokinya terdiri dari 13 rukun dan 4 Stasi antara lain Stasi  Mandai, Stasi  Maros, Stasi  Kariango, dan Stasi Tonasa dengan jumlah Umat, 2500 orang dan jumlah Lansia 100-an orang. 

Pastor paroki  dalam   pesan  moralnya mengatakan bahwa ada orang tua yang sekarang kelihatan sudah lanjut usia (lansia)untuk itu diharapkan kepada semua agar senantiasa selalu menghormati dan merawat orang tua. 

“Pastor juga tidak sepakat dengan kata pikun yang selalu diajukan kepada kelompok lansia.  Ketuaan bukan berarti keterbuangan tapi keterhormatan. Kelompok lansia ini diurus oleh  d sekolompok  d ibu-ibu di paroki  Sudiang yang  diketuai ibu Linda,” pungkas pastor paroki pastor John Turing Datang. 

Acara ini selain dihadiri oleh kelompok lansia di paroki Sudiang, juga dihadiri pengurus ISKA Sulsel dan umat di paroki sudiang. 

Disela-sela acara ini diadakan dialog dan salah seorang lansia Sukino yang juga adalah ketua lansia beberapa tahun yang lalu. 

Ia mengharapkan perhatian khusus dari kaum muda untuk memberikan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh mereka sembari mengharapkan kelak ingin hidup abadi sesuai ajaran katolik di dalam harapannya juga memberikan nasehat kepada anak-anak muda. Kunjungan kasih DPD ISKA diakhiri dengan makan bersama dan doa  berkat oleh pastor paroki Santa Maria Rosa Mystica Pastor John Turing Datang.

  • Citizen Report: Ketua DPD ISKA Sulsel Bidang Politik dan Pemerintahan, Nikolaus Beni.