Iqbal Suhaeb Minta Simulasi Siaga Bencana di Lutra Diperbanyak

Karena daerah rawan bencana

Iqbal Suhaeb Minta Simulasi Siaga Bencana di Lutra Diperbanyak
Pjs Bupati Lutra Iqbal Suhaeb (kedua kanan) usai apel siaga bencana di Lutra, Minggu (15/11/2020). (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Masamba - Sebagai salah satu daerah yang rawan bencana di Indonesia, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulsel perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak, utamanya dalam kegiatan-kegiatan kemitigasian bencana serta sokongan sumberdaya manusia (SDM) dan perlatan SAR yang memadai.


Hal ini tentu sangat dibutuhkan, mengingat kejadian banjir bandang yang lalu adalah alarm atau peringatan bahwa bencana itu bisa datang kapan saja, dan di mana saja, sehingga kegiatan kemitigasian bencana mutlak dibutuhkan. 


Hal ini pula yang mendasari Penjabat Sementara Bupati Lutra Iqbal Suhaeb yang meminta TNI, Polri, BPBD, PMI dan komunitas peduli bencana lainnya agar memperbanyak kegiatan simulasi kesiapsiagaan bancana di Lutra.

“Saya minta simulasi kesiapsiagaan terus dilakukan. Jika semua sudah siap, baik peralatan maupun SDM, insya Allah, kita bisa meminimalisir terjadinya korban jiwa jika terjadi bencana,” kata Iqbal usai memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan Peralatan SAR di Halaman Mabes Polres Lutra, Minggu (15/11/2020).


Terkait kondisi dan kesiapan peralatan SAR, Iqbal menyebutkan bahwa kondisi dan kesiapan peralatan sudah cukup bagus, lengkap dan sangat memadai. Kendati demikian, dia berharap agar peralatan-peralatan tersebut tidak perlu digunakan, yang berarti bahwa di Lutra tidak terjadi bencana alam.


“Peralatan kita sudah cukup bagus dan lengkap, tapi tentu saja semua pihak harus tetap berdoa, semoga alat yang ada tidak perlu digunakan. Artinya adalah bahwa tidak ada bencana besar yang menimpa Lutra,” terangnya.  


Dikatakan Iqbal, kesiapan dan perlengkapan peralatan SAR harus selalu siap setiap saat, kapanpun dibutuhkan. Untuk itu, kata dia, semua pihak harus merawat dan menjaga peralatan tersebut agar tetap dalam kondisi yang siap dipakai setiap saat.


“Harus diperhatikan perawatannya, dicek mesinnya, bahan bakar, dan sebagainya. SOP kesiapsiagaan juga harus terus dilakukan dan tentunya harus jelas, seperti alur koordinasinya seperti apa, jalur evakuasinya juga harus jelas, dan yang  lainnya. Semoga kita dijauhkan dari segala macam bencana,” tandas Iqbal.