Skip to main content

Iqbal Suhaeb Beberkan Kemajuan Makassar, Perekonomian Diklaim Tumbuh Drastis

hut
Perayaan HUT ke-412 Kota Makassar, di Lapangan Karebosi, Sabtu (9/11/2019). (Ist)

KABAR.NEWS, Makassar-- Penjabat Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb menyampaikan beberapa poin penting pembangunan ekonomi Makassar dalam sambutannya di peringatan HUT ke-412 Kota Makassar, di Lapangan Karebosi, Sabtu (9/11/2019).


"Dari angka statistik terlihat bahwa selama 5 tahun terakhir ini, pertumbuhan ekonomi Kota Makassar meningkat drastis. Bahkan, pertumbuhan ekonomi mencapai 8,23 persen di atas pertumbuhan ekonomi Sulawesi Sulewesi yang ada di 7,07 persen dan nasional yang berada pada kisaran 5,1-5,2%," katanya. 


Namun, menjadi sebuah ironi ketika pertumbuhan itu tidak berkorelasi langsung dengan target capaian  pendapatan asli daerah. Angka kemiskinan 4,41% dari jumlah penduduk atau setara dengan 70.560 Jiwa.


Iqbal juga menjelaskan bahwa dalam tiga tahun ini, capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD)  masih di kisaran 70  hingga 80 persen, sehingga berdampak pada realisasi pembangunan. 


“Pada saat yang sama, yang kita hadapi terjadi perlambatan dalam implementasi program dan kegiatan. Berdasarkan fakta ini, klaim keberhasilan itu tidak seyogyanya dijadikan patokan untuk menjustifikasi keunggulan program, kebijakan maupun kegiatan dalam penyelenggaran pemerintahan,” lanjutnya.


Iqbal mengakui ekonomi pembagunan di Kota Makassar tidak terlepas dari perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas bantuan keuangan yang telah diberikan. 

“Dalam dua terakhir, bantuan keuangan yang diperoleh sebesar kurang lebih Rp200 milyar di sejumlah sektor pembangunan . Sehubungan hal tersebut, kami memohon dukungan dana untuk tahun 2020," ucapnya.


Menurut Staf Ahli Pemprov Sulsel ini, pro kontra dari apa yang ditempuh dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan itu sah saja. 


Fitria Nugrah Madani/CP/B

 

loading...