IPI sebut Hanya 4 Partai Berpeluang Usung Kader di Pilgub Sulsel

- Andi Iwan Darmawan Aras salah satunya

IPI sebut Hanya 4 Partai Berpeluang Usung Kader di Pilgub Sulsel
Ilustrasi Pilkada Serentak. (Internet)






KABAR.NEWS, Makassar - Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menyatakan ada empat partai politik yang punya peluang mengusung kadernya sendiri pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan atau Pilgub Sulsel 2024.


Meski Pilgub Sulsel baru akan dilaksanakan November 2024, namun menurut Suwadi, gaung pemilihan kepala daerah ini sudah mulai terasa. Itu karena sejumlah figur mulai menyosialisasikan diri.


Lantas, partai apa saja yang disebut IPI punya kans mengusung kader pada Pilgub Sulsel nanti? 


Suwadi menyebut, Partai Gerindra terlihat paling siap menyongsong Pilgub Sulsel dengan figur Andi Iwan Darmawan Aras atau AIA sebagai bakal calon gubernur.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir. (IST/HO)


Dia berpendapat, Anggota DPR RI tersebut memiliki beberapa keunggulan menghadapi Pilgub 2024. Satu di antaranya adalah AIA punya basis geopolitik yang riil.


"Dan AIA bisa diuntungkan jika Prabowo Subianto terpilih jadi Presiden di Pilpres 2024 yang dihelat Februari 2024. Tentu AIA akan mulus di pilgub jika Prabowo Presiden 2024 nantinya," kata Suwadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/8/2022).


Kedua Partai Nasdem. Menurut IPI, Nasdem memiliki figur internal dan eksternal berimbang kekuatannya yaitu; Rusdi Masse (RMS), Moch. Ramdhan "Danny" Pomanto (DP) dan Adnan Purichita Ichsan yang punya hubungan dengan elite partai ini.


Ketiga nama tersebut menurut Suwadi, masing-masing punya basis pemilih. Maka dari itu, DPP Nasdem punya banyak pilihan untuk diusung pada Pilgub Sulsel nanti.


Golkar Bisa Paketkan Kader


Partai lainnya menurut Suwadi adalah Golkar. Internal partai berlambang beringin rimbun ini disebut punya dua figur yang bisa dijagokan untuk Pilgub Sulsel 2024.


Keduanya yaitu Taupan Pawe (TP) selaku Ketua DPD Satu Golkar Sulsel yang juga Wali Kota Parepare saat ini dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang tidak lain merupakan bekas orang nomor satu di Balai Kota Makassar.


"Keduanya memiliki masing-masing keunggulan untuk diusung Golkar, bahkan dipaketkan pun cocok di Pilgub 2024 nantinya," jelas Suwadi Idris.


Selain itu, Suwadi juga menempatkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai partai yang punya figur kuat untuk bertarung di Pilgub 2024. Sosok tersebut adalah Waketum DPP PPP Amir Uskara.


"AU memiliki basis yang riil dan juga tergolong siap cost politiknya," sebut Suwadi.


"Selain figur-figur internal, beberapa figur eksternal bisa dijadikan alternatif oleh Gerindra, Nasdem, Golkar, PPP, yaitu figur seperti Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, Andi Sudirman Sulaiman hingga Amran Sulaiman," tandas Suwadi.