Skip to main content

Ini Tiga Makanan Wajib Warga Sidrap saat Lebaran

IST
Makanan Khas Daerah Sidrap: Legese, Tape, dan Nasu Likku. (KABAR.NEWS/Andi Frandi)



KABAR.NEWS, Sidrap - Lebaran Idul Fitri menjadi momen yang sangat berharga untuk berkunjung ke kampung halaman. Momentum lebaran bagi setiap warga pastinya tak lepas dengan berbagai makanan khas yang disajikan. Khusus di Desa Bulucenrana, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), ada tiga jenis makanan wajib bagi warga yang merayakan lebaran.

Tiga makanan khas suku bugis tersebut yakni, Legese, Tape, dan Nasu Likku. Tiga makanan dari resep leluhur ini masih terus menjadi menu favorit hingga kini.

Ketiga makanan ini tentu memiliki cita rasa tinggi yang berbeda. Nasu likku sendiri adalah makanan tradisional berbahan dasar daging ayam yang dipadukan dengan lengkuas saat dimasak.

IST

Sementara legese adalah makanan yang berbahan dasar beras ketan, dimasak dengan proses tertentu, dikemas dengan daun pisang yang diikat.

Sedangkan tape merupakan makanan berbahan dasar beras ketan yang dipermentasi dengan ragi. Proses pembuatan tape bisa memakan waktu hingga 2-3 hari.

Ada mitos atau pantangan yang melekat bagi suku bugis saat proses pembuatan tape, di mana mereka sangat tidak diperbolehkan untuk memakai handbody atau jenis minyak wangi. Konon, jika melanggar maka kecil kemungkinan mendapat hasil yang sempurna. 

  • Andi Frandi