Ini Syarat jadi Tim Pakar dan Ahli di DPRD Parepare

Dewan telah menggelar paripurna tentang hal ini

Ini Syarat jadi Tim Pakar dan Ahli di DPRD Parepare
Ilustrasi rapat Anggota DPRD Kota Parepare. (Internet)






KABAR.NEWS, Parepare - Anggota DPRD Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menggelar rapat paripurna tentang pemilihan tim pakar dan tenaga ahli alat kelengkapan dewan, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat (19/2/2021).


Pada kesempatan itu, Pimpinan Rapat yang juga Ketua DPRD Parepare Andi Nurhatina menyarankan, efesiensi waktu dalam pemilihan tim pakar dan ahli alat kelengkapan ditetapkan masing-masing komisi.


Hal sama juga disampaikan Wakil Pimpinan Rapat, Rahmat Sjamsu Alam. Menurutnya, seluruh fraksi mengusulkan nama-nama yang bakal menjadi tim pakar dan ahli DPRD, kemudian diverifikasi atau disepakati bersama.


"Kita buat kesepakatan disini, siapa-siapa nama yang dijadikan tim ahli. Tentu ada kriteria dan indikator sebagai persyaratan," ujarnya.


Lantas apa syarat atau kriteria Tim Ahli DPRD Parepare? Menurut Rahmat, merujuk pasal 189 dan 190 tata tertib DPRD Parepare, tim ahli minimal kualitas pendidikan S1 dan menguasai bidang yang diperlukan seperti bidang teknik, hukum dan pemerintahan serta ekonomi.


Sementara, dua anggota rapat paripurna mempertanyakan asal usul dan rekam jejak tim ahli yang akan diusulkan atau ditetapkan.


"Pakar dan tenaga ahli yang diusulkan fraksi mesti diketahui asal usulnya, bagaimana rekam jejak, pengalaman dan kualitas pendidikan," kata Andi Fudail, yang diamini sesama anggota dewan Yusuf Lapanna.


Penulis: Arsyad/C