Ini Para Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Anggota DPR RI Muh. Fauzi

* Lomba ini berawal dari acara domino

Ini Para Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Anggota DPR RI Muh. Fauzi
Anggota DPR RI Muhammad Fauzi menyampaikan sambutan pada pengumuman lomba karya tulis jurnalistik di Kota Makassar, Kamis (1/12/2022). (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Sebanyak enam jurnalis di Sulawesi Selatan (Sulsel) keluar sebagai juara pada Lomba Karya Tulis Jurnalistik Anggota DPR RI Muhammad Fauzi.


Keenam jurnalis tersebut masing masing Abd Rahman dari Koran Rakyat Sulsel sebagai juara pertama. Adnan Husain dari seruya.com sebagai juara II dan Abd Aziz Alimuddin dari Koran Tribun Timur keluar sebagai juara III.


Masing-masing mendapatkan Rp10.000.000 (juara 1), Rp7.500.000 (juara 2) dan Rp5.000.000 juara 3.


Sementara tiga jurnalis lainnya masing-masing keluar sebagai juara harapan yakni Yusriadi (fajar.co.id),  Idris Prasetiawan (palopopos.co.id) dan Arya Wicaksana (kabar.news). Masing-masing mendapatkan Rp2.500.000.


Selain itu, Legislator Partai Golkar tersebut juga memberikan biaya produksi kepada tiap peserta yang lulus ke penjurian. Pengumuman lomba digelar di Claro Hotel Makassar, Kamis 1 Desember 2022.


Anggota DPR RI Muhammad Fauzi mengatakan, lomba ini dibuat setelah diskusi dengan sejumlah jurnalis di Makassar. 


“Awalnya dari lomba domino dan hasil diskusi teman-teman media kita sepakat buat lomba yang sesuai profesi jurnalis,” kata Fauzi, berkalakar.

Harapannya, akan ada beragam tulisan tentang dirinua. Tak hanya prestasi, tapi juga kritikan yang bisa dijadikan acuan untuk menilai kinerjanya selama ini.


“Karena kalau kita menilai diri sendiri pasti subjektif. Saya bisa menilai kinerja saya dari tulisan teman-teman agar ada perbandingan,” katanya.


Abang Fauzi, sapaan akrabnya, meminta dukungan media untuk terus bersinergi dalam tugasnya sebagai legislator di dapil Sulsel III. 


Sementara itu, Fachruddin Palapa, salah satu juri mengungkapkan sebanyak 53 tulisan yang masuk sangat beragam. Namun, juri menempatkan kreteria tertentu untuk menilai.


“Dari tema tulisan, kedalaman materi, dan kedalaman data menjadi pertimbangan juri,” jelas Fachruddin.


Tiga orang juri dalam lomba ini di yakni Silahuddin Genda, Husain Rasyid dan Fachruddin Palapa. Hadir juga dalam kegiatan ini Mantan Ketua DPRD Sulsel dua periode Moh Roem dan Anggota DPRD Sulsel Arfandy Idris.