Skip to main content

Ini Makna Nomor Urut 4 Bagi IYL-Cakka

Punggawa
Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).(KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

 


KABAR.NEWS, Makassar - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) resmi mendapatkan nomor urut empat di Pilgub Sulsel Juni 2018 mendatang.


Meski semua nomor di mata pasangan "Mister Komitmen" ini baik, tapi angka empat punya banyak makna, baik untuk keduanya maupun bagi Sulsel.


"Angka empat itu seperti kursi," ujarnya kepada sejumlah wartawan yang menemuinya di Hotel Four Point by Sheraton

 

Apa makna angka empat di mata pasangan ini? Berikut uraian singkat Ichsan Yasin Limpo kepada wartawan dan relawannya di Rumah Kita, Jalan Hertasning.

 

1. APPAKABAJI

APPAKABAJI memiliki makna memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian. Angka dan istilah ini juga pernah digunakan Ichsan saat maju di periode keduanya di Pilkada Gowa 2010.

2. APPAKALEBBI

APPAKALEBBI atau mappakalebbi merupakan bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati. Istilah ini juga melekat ke IYL-Cakka yang dikenal merakyat, dan peduli aksi kemanusiaan.

3. 2 + 2 = 4

Angka empat ini juga bisa dimaknai IYL maupun Cakka masing-masing dua periode menjadi bupati. Jika digabung maka jumlahnya empat.

4. Punya Empat Anak

Baik Ichsan maupun Cakka masing-masing punya empat anak.

5. EPPA SULAPA'

EPPA Sulapa' memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Sulsel. Mengingat, Eppa Sulapa' ini memayungi etnis di Sulsel. Bugis, Makassar, Mandar, Luwu/Toraja.

6. Angka Tertinggi

Empat merupakan angka tertinggi dari empat pasangan di Pilgub Sulsel. Ditambah lagi, pilgub kali ini diikuti empat pasangan.

7. Angka Keberuntungan
 
Meski IYL-Cakka menempatkan semua nomor baik, tapi bagi sebagian orang, angka empat juga sering dimaknai angka keberuntungan.

  • Ruslan-Arya Wicaksana