Indonesia Lolos ke Semifinal Para Bulu Tangkis Paralimpiade Tokyo

Salah satunya ganda putri Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah

Indonesia Lolos ke Semifinal Para Bulu Tangkis Paralimpiade Tokyo
Ganda putri para Bulu Tangkis Indonesia Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah. (Foto: BWF/James Varghese)












KABAR.NEWS, Makassar - Cabang olahraga para bulu tangkis pada Paralimpiade Tokyo 2020 menjadi panggung dominasi atlet Indonesia. Hal itu setelah sejumlah pemain Indonesia lolos ke babak semifinal cabor ini.


Pada babak penyisihan Grup A misalnya, ganda putri Indonesia SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah menang atas pasangan Thailand, Saensupa Nipada/Srinavakul Chanida 21-9, 21-13 di di Yoyogi Stadium, Tokyo, Jepang, Kamis (2/9/2021).


Kemudian, pemain tunggal putra penyisihan Grup B SL4 yakni Fredy Setiawan mengalahkan pasangan Korea Selatan, Shin Kyung Hwan 21-8, 21-9. 


Di penyisihan Grup A tunggal putra SU5, Suryo Nugroho unggul atas pemain Polandia, Mroz Bartlomiej, 21-13, 21-10. Kemenangan juga diraih oleh Dheva Anrimusthi 21-10, 21-10 atas Loquette Meril dari Prancis di Grup A SU5.


Leani Ratri Oktila juga mampu mengalahkan rekan senegaranya yang juga pasangan di ganda putri Khalimatus Sadiyah di tunggal putri SL4 Grup A dengan skor 21-14, 21-10. Sebelum akhirnya Khalimatus bangkit untuk meraih kemenangan setelah mengalahkan tunggal Prancis, Noel Faustine 21-18, 21-13 di penyisihan Grup A SL4 yang juga dimainkan hari ini.


Di nomor ganda campuran SL3-SU5 Grup A, Leani Ratri Oktila/Hary Susanto memantapkan diri lolos sebagai juara grup setelah meraih kemenangan atas pasangan Jerman, Pott Jan Niklas, 21-7, 21-17. Hasil itu merupakan kemenangan kedua Ratri/Hary di penyisihan grup.


Lain halnya dengan Hary Susanto yang tampil di tunggal putra SL4 Grup A, dikalahkan oleh Mazur Lucas dari Prancis dengan skor 3-21, 7-21. Kekalahan juga menimpa Ukun Rukaendi yang takluk di tangan pemain Jepang, Fujihara Daisuke, 5-21, 18-21. 


Mayoritas pemain Indonesia yang meraih kemenangan ini disyukuri oleh manajer tim para bulu tangkis Indonesia, Sapta Kunta Purnama. 


“Saya bersyukur banyak pemain kita yang meraih kemenangan hari ini. Hasil bagus itu merupakan bukti cepatnya adaptasi pemain dengan kondisi angin di lapangan,” jelas Sapta Kunta Purnama dikutip dari laman Kemenpora.


Penampilan luar biasa ditunjukan oleh Leani Ratri Oktila. Dalam tiga pertandingan yang dimainkannya di tiga kategori berbeda yakni ganda campuran, ganda putri dan tunggal putri, Ratri mampu menutupnya dengan kemenangan.


“Kemenangan hari ini memastikan langkah Ratri lolos ke babak semifinal untuk tiga nomor sekaligus,” tambah Kunta.


Hebatnya lagi dari semua kategori yang diperkuat Ratri, keseluruhannya lolos sebagai juara grup. Dengan demikian Indonesia telah memastikan tiga wakil di semifinal. Sejumlah pemain lain masih berpeluang lolos ke babak semifinal tergantung pertandingan penyisihan terakhir grup pada Jumat (3/9/2021).


Deva Anrimusthi dan Suryo Nugroho berpeluang melaju ke semifinal tunggal putra SU5 jika mampu meraih kemenangan di laga terakhir. Deva akan melawan Mroz sedangkan Suryo ditantang Meril Loquette dari Prancis. 


Fredy Setiawan juga bisa menggenggam tiket semifinal jika mampu mengalahkan Siripong Teamarrom dari Thailand serta Ukun Rukaendi akan melaju ke empat besar jika menang atas Daniel Bethell dari Inggris Raya. 


Sementara itu peluang Hary Susanto sangat berat untuk lolos ke semifinal tunggal putra SL4. Hary akan lebih mengalihkan fokus untuk mengejar medali emas di ganda campuran bersama Ratri.