Indonesia Lawan Singapura di Semifinal Piala AFF usai Sikat Malaysia

- Menang dengan skor 4-1

Indonesia Lawan Singapura di Semifinal Piala AFF usai Sikat Malaysia
Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott (kiri) melakukan selebrasi gol ke gawang Malaysia pada pertandingan Piala AFF di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021). (Foto: PSSI)












KABAR.NEWS, Makassar - Timnas sepak bola Indonesia akan jumpa Singapura pada babak semifinal Piala AFF 2020. Pasukan Garuda melangkah ke semifinal usai mempecundangi Malaysia.


Berlaga di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Indonesia menggasak Malaysia dengan skor 4-1. Kemenangan ini membawa Indonesia lolos sebagai juara grup B.


Malaysia unggul lebih awal pada menit ke-13 melalui Kogislewaran Raj. Sepakan kaki kanan yang dilepas Kogis dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau Nadeo Argawinata.


Tertinggal membuat Indonesia bermain cukup agresif. Sepanjang 15 menit sebelum turun minum, pasukan Garuda tampak menguasai jalannya pertandingan. Gol penyama kedudukan akhirnya tercipta melalui Irfan Jaya pada menit 36.


Penyerang PSS Sleman tersebut mengkonversi umpan silang Witan Sulaeman yang menggiring bola dari sisi kiri pertahanan Harimau Malaya. Skor berubah menjadi 1-1.


Jelang turun minum tepatnya menit 43, Irfan Jaya mencetak brace dan menggandakan keunggulan Indonesia jadi 2-1. Gol tersebut sekaligus menjadi golnya yang ketiga pada Piala AFF.


Masuk ke babak kedua, Shin Tae-Yong memasukkan Elkan Baggott mengganti Ramai Rumakiek yang telah mendapat kartu kuning. Tak lama setelah pergantian pemain, Indonesia menambah keunggulan menjadi 3-1.


Adalah Pratama Arhan berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit 50. Tendangan plesing Arhan dari luar area penalti berhasil menggetarkan gawang Malaysia yang dijaga Khairul Fahmi.


Pesta gol Timnas Indonesia ke gawang Malaysia ditutup oleh Elkan Baggot. Penampilan perdana pemain naturalisasi itu sukses mengoyak gawang Malaysia melalui sundulannya menit 82. Bertandingan pun berakhir dengan skor 4-1. Malaysia kandas.


Indonesia lolos ke babak semifinal sebagai juara grup B dengan jumlah 10 poin. Skuat Garuda unggul produktifitas gol dibanding Vietnam yang juga mengoleksi sepuluh poin.


Partai leg pertama semifinal Piala AFF antara Singapura vs Indonesia dijadwalkan digelar pada Rabu, 22 Desember 2021, di Stadion Nasional Singapura.