Skip to main content

Wabup Gowa Merespon Positif Dua Buah Ranperda Inisiatif DPRD

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf malaganni saat menyampaikan tanggapan terkait dua buah Ranperda Inisiatif DPRD Gowa. (IST)

 

KABAR.NEWS, Gowa - Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menyampaikan tanggapan Bupati Gowa atas dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa. Penyampaian ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Senin (4/3/2019) kemarin.


Kedua Ranperda tersebut yakni Ranperda tentang Pengawasan, Pengendalian Lalu Lintas dan angkutan jalan serta Ranperda tentang pemberian Air Susu Ibu (Asi) Ekslusif.


Baca Juga:


Abd Rauf menyambut baik dan memberikan respon positif terhadap dua buah ranperda tersebut. Menurutnya hal ini sejalan dengan salah satu fungsi dewan yaitu fungsi legislasi bahwa ranperda yang berasal dari DPRD dapat diajukan oleh anggota DPRD, Komisi, Gabungan Komisi, atau Bapemperda.


"Olehnya itu, pihaknya mengharapkan kedepan DPRD Kabupaten Gowa akan semakin banyak melahirkan peraturan daerah atas inisiatif dewan. Sehingga dengan berbagai urusan pemerintah daerah dapat diatur dalam peraturan daerah untuk memberikan jaminan kepastian hukum," ujarnya


Terkait ranperda inisiatif Pengawasan, Pengendalian Lalu Lintas dan angkutan jalan, Wabup Gowa mengatakan ini merupakan gagasan yang sangat baik dan perlu di dukung oleh semua pihak dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.


"Dengan lahirnya perda ini diharapkan terlaksananya pengendalian dan pengawasan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan serta terwujudnya pengetahuan, etika, dan berprilaku lalu lintas yang tertib dan lancar," ungkap Rauf dalam Rapat Paripurna DPRD Kab Gowa.


Sedangkan terkait ranperda pemberian Air Susu Ibu (Asi) Ekslusif, dia mengatakan bahwa ini sebagai payung hukum untuk melindungi dan menjamin pelaksanaan inisiasi menyusui dini dan pemberian asi yang merupakan hak mutlak bayi dalam pemenuhan kebutuhan bagi kesehatan dan pola pemberian makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir sampai berumur 2 (dua) Tahun.


"Dengan adanya perda ini diharapkan dapat melindungi, mendukung dan mempromosikan pemberian Asi Ekslusif kepada bayi karena selama ini penerapan pemberian makanan yang terbaik bagi bayi berumur 0 (nol) bulan hingga berumur 2 (dua) tahun belum terlaksana dengan baik khususnya dalam hal pemberian Asi," terang Rauf.


Tujuh fraksi DPRD menyambut baik atas tanggapan Bupati yang disampaikan oleh Wakil Bupati Gowa. Salah satunya dari fraksi partai Gerindra, Nasruddin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak bupati Gowa yang telah menyetujui dan sepakat untuk membawa rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD ini pada rapat -rapat pembahasan yang lebih mendalam.


"Semoga dengan adanya persetujuan dan kesepakatan antara dewan Legislatif dan Eksekutif mampu menciptakan manfaat yang sangat berharga dan dilandasi perhatian dan rasa tanggung jawab serta kesungguhan penyelenggara daerah Kabupaten Gowa," kata juru bicara fraksi Gerindra.