Skip to main content

Tipu 17 Orang, PNS Gadungan di Makassar Ditangkap Polisi

Penipu
Pelaku penipuan dan penggelapan belasan unit laptop, saat diamanakan polisi.(Kabar.News/Reza)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar menangkap seorang pelaku penipuan dan penggelapan dengan modus menjadi PNS gadungan.


Pelaku yakni Nasrullah alias Ullah (28), warga Jalan Bontotangnga, Kecamatan Rappocini, Makassar. Ia ditangkap di salah satu kafe, Jalan Talasalapang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.


Pria yang mengaku alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jurusan Matimatika, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, ini sukses menipu 17 orang dengan hasil 19 unit laptop.


Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko mengatakan, pelaku menjalankan aksinya sudah hampir setahun.


Kata Indratmoko, pelaku memperdaya korbannya dengan cara mengaku sebagai PNS di bagian Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar. Kepada calon korbannya, pelaku mengaku bisa memasukkan orang bekerja di BPS.


"Setelah percaya, pelaku kemudian meminjam laptop korban dengan imbalan Rp200 ribu dan mengaku sedang ditugaskan untuk menginput data sehingga memerlukan laptop. Setelah laptop diterima, pelaku lalu menggadaikannya dengan harga bervariasi mulai dari Rp1 juta hingga Rp. 2 juta," jelas AKBP Indratmoko, saat ditemui wartawan di Mapolrestabes Makassar, Selasa (28/1/2020).


Indratmoko menjelaskan, para korban baru sadar jika sedang ditipu saat mengecek status pelaku yang ternyata tidak ada data atau namanya di kantor tersebut. 


"Pelaku beraksi kurang lebih setahun, dia baru lulus di salah satu kampus. Bajunya atau atribut PNS-nya dia beli di pasar," pungkas AKBP Indratmoko.


Penulis : Reza Rivaldy/B

 

loading...