Skip to main content

Tahu Provokator Demo Rusuh Papua, Wiranto: Siapapun Dia, Hentikan Itu!

Wiranto Minta Provokator Demo di Papua Hentikan Aksinya
Menko Polhukam Wiranto didampingi Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan keterangan pers usai rapat terbatas, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/8) malam. (Foto: Setkab/HMS/Rahmat)

KABAR.NEWS, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku, telah mengantongi provokator aksi demonstrasi yang terjadi beberapa hari terakhir di Papua dan Papua Barat.


Baca juga: Usai Demo Rusuh di Jayapura, Warga Mengungsi ke Markas TNI AL

Wiranto mengetahui provokator demo rusuh di Papua dan Papua Barat berdasarkan laporan Kapolri, Panglima TNI dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, di Istana Presiden, Jumat (30/8/2019).


"Kita tahu siapa yang mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari kerusuhan ini," ujar Wiranto, dalam video keterangan persnya yang dirilis Sekretariat Kabinet.


"Dan kita peringatkan siapapun dia, saya tidak akan sampaikan secara detail, tapi kita tahu, siapapun dia hentikan itu. Karena itu hanya membuat suasana instabil," lanjutnya.


Baca juga: Siti Habibah, Ibunda SBY Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun

Selain itu, lanjut Wiranto, Presiden Jokowi memerintahkan tindakan tegas terhadap para pelaku kerusuhan di Papua dan Papua Barat termasuk pelaku tindak rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.


Aksi demonstrasi berujung rusuh terjadi di Papua dan Papua Barat pada Rabu (28/8/2019) dan mengakibatkan sejumlah perkantoran rusak dan dibakar massa. Unjuk rasa ini buntut dari tindakan rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

 

loading...