Skip to main content

Sumarsono Kunjungi Makam Sesepuh Keraton Yogyakarta di Tanah Makassar

Sumarsono
PJ Gubernur Sulsel Sumarsono saat dimakam pangeran Diponegoro.

KABAR.NEWS, Makassar - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional pangeran Diponegoro, di jalan Diponegoro, Melayu, kecamatan Makassar, Minggu (10/6/2018).

Kedatangan Sumarsono sekaligus untuk melihat kondisi makam pangeran Diponegoro dan keturunannya di tanah Makassar, terlihat Sumarsono pun berdoa di makan tersebut.

Usai berdoa iapun menemui penjaga makam yang tak lain adalah turunan langsung pangeran Diponegoro, namanya Hamzah yang sudah puluhan tahun menjaga makam sesepuh keraton Yogyakarta.

Hamzah mengaku kaget atas kedatangan gubernur, baginya merupakan kehormatan yang memang selain sebagai penjaga makam juga cucu langsung Pangeran Diponogoro. 

Hal itu dirasa terlebih isteri dari Sumarsono, Raden Roro Tri Rachayu disebutkan  Sumarsono memiliki trah kekerabatan dengan Pangeran Diponogoro yang menjadi trah ke 11 dari Kesultanan Solo.

"Kami anak cucu punya tanggung jawab untuk senantiasa menjaga makam ini," sebutnya. 

Diketahui Pria kelahiran 1970 ini, sudah mulai menjaga makam sejak kelas tiga SD, di mana awalnya hanya membantu orang tuanya yang juga menjaga makam. 

Di akhir kunjungan Pj gubernur tersebut dimanfaatkan Hamzah untuk berkisah dan bermohon tentang biaya pemeliharaan makam serta beberapa sentuhan fasilitas seperti pendingin udara untuk para pengunjung.

"Pak Gub, saya mohon perhatian untuk pemeliharaan serta kesejateraan hidup saya dan keluarga," curhatan Hamzah yang selanjutnya direspon oleh Kadis Sosial Sulsel.

  • Andi Khaerul