Skip to main content

Sulitnya Mendapatkan LPG 3 kg di Makassar

LPG 3 kg  langkah
Salah satu pangkalan gas di Jalan Talassalapang yang stok tabung melonnya atau LPG 3 kg habis, Senin (23/9/2019) / (KABAR.NEWS - Mustawaf Ansar)

KABAR.NEWS, Makassar - Kelangkaan gas LPG 3 kg masih sangat dirasakan warga di Kota Makassar. Untuk mendapatkan tabung jenis melon itu, tak sedikit warga mesti berkeliling, bahkan hingga melintas ke kecamatan lain. 

Berdasarkan hasil pantauan KABAR.NEWS dibeberapa kios di kawasan Jalan Minasaupa, Kecamatan Rappocini, yang biasanya mejajakan tabung gas atau pedagang yang bertindak sebagai sub agen kecil sama sekali tak lagi menyediakan gas. 

 

Kondisi serupa terjadi di kawasan Jalan Tallasalapang hingga Jalan Jipang. Iskandar, salah seorang warga di lokasi setempat mengungkapkan, kelangkaan terjadi lebih dari dua pekan. 

 

Lelaki yang berprofesi sebagai sopir bentor ini mengaku, untuk mendapatkan gas mesti berkeliling hingga menganteri lama. 

 

“Dapat di pasar, Rp 25 ribu kuambilkanki baru ku jual Rp 30 ribu. Jadi untungma Rp 5 ribu," bebernya saat berbincang dengan KABAR.NEWS soal kelangkaan gas, Senin (23/9/2019). 

 

Iskandar mengaku nyambi jadi pelapak gas LPG khusus 3 kg untuk mempermudah warga yang telah berkeliling mencari ketersediaan namu tak dapat hasil. 

 

Tabung gas yang didapatkan dua hari sebelumnya kembali diperdagangkan kepada warga yang membutuhkan. Dengan perbedaan Rp 5 ribu dari harga normal. Menurutnya, perbedaan harga itulah yang dijadikan sebagai keuntungan. 

 

"Pekerjaan jual tabung ini sambilanji, kalau ada penumpang, pergi lagi bawa penumpang. Jadi kalau ada orang lewat dan butuh sekali tabung karena mau memasak kodong, singgahmi beli," tambahnya. 

 

Di beberapa pangkalan dan SPBU di Makassar, tabung melon dijual dengan harga Rp 16 ribu namun, hampir seluruh penjual eceran di Wilayah Makassar menjual tabung dengan harga Rp 20 ribu, Rp 25 ribu sampai harga Rp 30 ribu. 

 

 

(Mustawaf Ansar/CP/A)

 

 

 

loading...