Skip to main content

Situng KPU: Golkar Sementara Memimpin Perolehan Suara di Sulsel

Situng KPU: Golkar Memimpin Sementara Perolehan Suara di Sulsel
Perolehan suara sementara partai politik peserta Pemilu 2019 di Provinsi Sulsel berdasar hitung suara atau situng di laman Pemilu2019 KPU. (Screenshot/KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - Partai Golkar untuk sementara memimpin perolehan jumlah suara Pemilu 2019 di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), hingga Senin (29/4/2019) berdasarkan Hitung Suara atau Situng KPU RI di laman pemilu2019.


Pantauan KABAR.NEWS pada Situng KPU pukul 20.15 Wita, jumlah suara dari 10.354 TPS yang masuk menunjukkan Partai Golkar saat ini meraih 318.7000 suara atau persentase 17,5 persen.


Baca juga: Caleg Golkar Polisikan Tim Suksesnya

Partai berlambang pohon beringin rimbun meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel 7. Pada Situng KPU RI, 98,3 persen data yang masuk di Dapil yang meliputi Kabupaten Bone itu, Golkar meraih 91.530 suara. Partai besutan Airlangga Hartarto kemungkinan meraih dua kursi di dapil ini.


Setelah Partai Golkar, ada Partai NasDem yang menempati urutan kedua perolehan suara berdasar real count atau situng KPU RI. Partai besutan Surya Paloh di Sulsel untuk saat ini meraih 11,45 persen suara atau 208.480 suara, dari data C1 yang masuk mencapi 39,2 persen.


Untuk sementara, NasDem meraih suara terbanyak di Dapil 9 Sulsel dengan jumlah 42.292 suara dari 48,4 persen data C1 yang masuk ke Situng KPU RI dari dapil yang meliputi Kabupaten Sidrap, Enrekang dan Pinrang. NasDem untuk sementara memastikan satu kursi di dapil ini untuk DPRD Sulsel.


Baca juga: Prediksi PKS, Dapat 10 Kursi dari Sepuluh Dapil DPRD Sulsel

Selain itu, menurut Situng KPU RI, perolehan suara Partai NasDem di Sulsel bersaing ketat dengan Partai Gerindra yang meraih 206.273 suara atau 11,33 persen dari data yang masuk hingga pukul 20.14 Wita.

 

Dengan jumlah C1 yang masuk dari 10.354 TPS di Sulsel, perolehan suara partai politik Pemilu 2019 pada situng KPU RI diprediksi masih akan terus dinamis. Total ada 26.355 TPS di Sulsel.


Catatan: 


- Data entri yang ditampilkan pada Menu Hitung Suara adalah data yg disalin apa adanya/sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.


- Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.


- Apabila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.


- Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.