Skip to main content

PMMB 2019, Mahasiswa PNUP akan "Berkantor" di 25 BUMN

PMMB 2019, Mahasiswa PNUP akan "Berkantor" di 25 BUMN
Pemateri dan peserta Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) 2019 Politeknik Negeri Ujung Pandang berfoto bersama usai pembekalan di Kampus 1, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (26/7/2019). (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang atau PNUP diminta menjaga nama baik kampus saat mengikuti magang di sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


Baca juga: VIDEO: Senjata Tajam Warnai Perkelahian Mahasiswa Unismuh Makassar

Pintah itu disampaikan Ketua Jurusan Administrasi Bisnis PNUP, Adam Rasyid S.Sos., M.Si, pada pembekalan peserta Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) 2019, di Kampus 1 PNUP, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Jumat (26/7/2019). 


"Kesempatan berharga ini belum tentu akan datang dua kali apalagi untuk bisa lulus terpilih di PMMB 2019 butuh perjuangan besar karena harus bersaing dengan ribuan mahasiswa dari perguruan tinggi lain," kata Adam Rasyid, melalui keteranagn tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


Sementara, Kepala Unit Carier Center and Tracer Study (CCTS) PNUP, Yuliani H.R., M. Eng., mengatakan pada periode sebelumnya, PNUP telah mengirim mahasiswa untuk mengikuti program yang serupa. 


Namun, peserta PMMB tahun ini lebih banyak dibanding periode sebelumnya dengan jumlah 80 mahasiswa dan tersebar di 25 BUMN sebagai lokasi magang.


"Jika pada periode sebelumnya mahasiswa PNUP peserta PMMB 2019 dari PNUP melakukan magang di PT Semen Tonasa dan PT PT AirNav Cabang MATSC yang berlokasi di Sulawesi Selatan, maka periode ini sudah merambah ke berbagai BUMN di luar Sulawesi Selatan seperti PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan yang lainnya," beber Yuliani.


Di tempat yang sama, Baso Alim Bahri, M. Adm., SDA., CPHRM., sebagai pemateri pembekalan mengingatkan,  peserta PMMB 2019 dari PNUP untuk benar-benar mengimplementasikan kompetensi yang didapat di bangku kuliah. Sebab magang dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan. 


"Karena tidak sedikit perusahaan yang kemudian lebih memilih untuk merekrut mahasiswa magang menjadi karyawannya karena menganggap mahasiswa magang telah lebih terbiasa dengan budaya dan ritme kerja dibanding pegawai baru yang didatangkan dari luar," katanya.


Baca juga: Usai Workshop, FTI UMI Siap Tingkatkan Peringkat Jurnal Terakreditasi Sinta

PMMB 2019 merupakan program sinergi lima kementerian yang kemudian dilaksanakan secara profesional oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sebagai perpanjangan tangan yang beranggotakan pengelola dan praktisi manajemen human capital dari berbagai lingkup BUMN. 
 

 

Flower

 

loading...