Skip to main content

Perusahaan Ini Bebaskan Karyawan Tentukan Jumlah Gajinya Sendiri

Perusahaan Ini Bebaskan Karyawan Tentukan Jumlah Gaji Sendiri
Staf karyawan di perusahaan GrantTree. (IST)

KABAR.NEWS, London - Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebuah perusahaan untuk menetapkan besaran gaji para pekerja atau karyawan. Salah satunya adalah membebaskan karyawan untuk menentukan jumlah gaji yang berhak diterima.

 


Cara tersebut dilakukan GrantTree, perusahaan yang bergerak di bidang pendanaan pemerintah yang berbasis di London, Inggris. Perusahaan ini membebaskan para karyawan untuk menentukan skema gaji yang diinginkan.

 


Baca juga: Gaji Dosen UIT; Mati Segan, Hidup Pun Enggan

Baru-baru ini, salah satu karyawan GrantTree yakni Cecilia Manduca, memutuskan untuk menaikan gajinya sendiri dari jumlah 7.000 poundsterling menjadi 37.000 pound atau Rp122,7 juta menjadi Rp648,6 juta per tahun.


Cecilia Manduca
Cecilia Manduca. (Dok. GrantTree)

Dalam wawancaranya dengan Radio BBC yang dilansir Daily Mail, Senin (16/9/2019), perempuan 25 itu bekerja sebagai pakar pendanaan di GrantTree. Dia mengaku, perusahaannya tersebut tidak memiliki manajer khusus yang mengatur persoalan upah.


"Saya merasakan banyak keraguan untuk meminta kenaikan gaji itu. Butuh banyak pembicaraan dengan orang lain," beber Cicilia Manduca.


Tapi, sebelum karyawan ingin meminta kenaikan gaji, kata Cicilia, mereka harus mendiskusikan hal tersebut secara terbuka dengan sesama karyawan GrantTree.


Apabila kolega kerja sepakat dengan nilai gaji yang diinginkan, sesuai kepatutan dan dianggap adil, maka 45 karyawan yang bekerja di perusahaan ini akan merekomendasikan jumlah tersebut ke pimpinan. Kenaikan gajipun langsung dilakukan.


"Ketika saya berbicara dengan kolega saya secara internal dan meminta nasihat, saran yang mereka berikan kepada saya adalah bahwa, ya, saya memang pantas mendapatkannya," tambahnya.


Baca juga: Studi: Gaji Seseorang Dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Selain harus didiskusikan secara terbuka, kenaikan gaji secara mandiri juga harus sesuai dengan nominal yang berlaku di perusahaan lain untuk peran pekeraan yang sama.

 

Misal, pakar pendanaan di perusahaan B digaji senilai 10 pound, maka perusahaan GrantTree juga menggaji dengan besaran yang sama.


Perusahaan juga mempersilahkan para pekerjanya untuk menurunkan besaran gaji, sesuai dengan kinerja dan tanggung jawab yang berubah.


Menurut BBC, perusahaan GrantTree disebut tidak mengikat karyawannya dengan jabatan khusus, model ini berfokus pada pengalaman dan keterampilan masing-masing karyawan selama bertahun-tahun. Banyak perusahaan yang menerapkan skema penggajian seperti ini  terutama perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

 

loading...