Skip to main content

Pemuda Pancasila Ingatkan Warga Papua Tak Kibarkan Bintang Kejora di Makassar

Pemuda Pancasila Sulsel Ingatkan Bendera Bintang Kejora Tak Berkibar di Makassar
Aksi unjuk rasa yang digelar Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan di bawah Fly Over Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Sabtu (31/8/2019). (KABAR.NEWS/Darsil Yahya)

KABAR.NEWS, Makassar - Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Aliansi Anak Bangsa Cinta NKRI mengingatkan warga Papua di Kota Makassar agar tidak mengibarkan bendera Bintang Kejora di Kota Makassar.

 

Peringatan tersebut disampaikan saat Pemuda Pancasila Sulsel menggelar aksi unjuk rasa di bawah Fly Over, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Sabtu (31/8/2019).

 

Mereka menggelar aksi damai menyikapi rusuh berkepanjangan yang saat ini terjadi di Papua dan Papua Barat sebagai akibat dari tindakan rasialisme mahasiswa Papua di Surabaya.


Baca juga: Siang Ini 200 Pasukan Brimob Polda Sulsel Diterbangkan ke Papua

Sambil membawa bendera merah putih, mereka juga membawa spanduk yang bertuliskan "Apapun yang terjadi kami tetap bangga dan cinta Indonesia" sebagai bentuk dukungan terhadap keutuhan NKRI.


Salah satu kader Pemuda Pancasila Sulsel, Muhammad Zulkifli mengatakan, aksi damai yang mereka lakukan sebagai bentuk penolakan terhadap tindakan rasis yang dialami warga Papua.


"Kami turun bersama-sama karena ingin menunjukkan bahwa kami ini adalah kelompok-kelompok yang anti - rasisme," ujar Muhammad Zulkifli kepada KABAR.NEWS.


Spanduk yang dibawa massa unjuk rasa Pemuda Pancasila Sulsel dan Aliansi Anak Bangsa di Fly Over Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Sabtu (31/8/2019). (KABAR.NEW/Darsil Yahya)
Spanduk yang dibawa massa unjuk rasa Pemuda Pancasila Sulsel dan Aliansi Anak Bangsa di Fly Over Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Sabtu (31/8/2019). (KABAR.NEW/Darsil Yahya)

Zul sapaan karibnya menuturkan, Pemuda Pancasila Sulsel ingin menyampaikan kepada warga Papua bahwa sebagai tuan rumah di Kota Makassar, pihaknya sangat menerima semua orang Papua dengan baik.


"Kami juga meminta kepada saudara-saudara kami orang Papua untuk menghargai kami sebagai tuan rumah dan jangan terpengaruh kepada orang-orang yang berusaha menggiring mereka untuk melakukan aksi-aksi yang berhubungan dengan pergerakan OPM," ucap Zul.


Dia juga menambahkan, jika dirinya siap berhadapan dengan siapa saja yang akan mengibarkan bendera bintang Kejora di Kota Makassar.


"Sampai kapan pun kami menganggap bahwa Papua adalah Indonesia dan NKRI harga mati. Jadi jangan pernah bermimpi untuk mengibarkan bendera bintang kejora di Makassar kami siap untuk menghadapi mereka semua" tegasnya.


Baca juga: Aktivis Solidaritas Papua di Makassar Teriakkan Referendum 

Selain itu, Zul yang juga merupakan Ketua Brigade Muslim Indonesia meminta kepada Presiden Jokowi untuk bertindak tegas menangani kisruh yang terjadi di tanah Papua.


"Saya meminta kepada Pak Jokowi untuk turun menenangkan mereka kemudian mengambil tindakan tegas dan menginstruksikan kepada seluruh bawahannya untuk melakukan tindakan tegas, tangkap seluruh pelaku yang menjadi pelaku-pelaku yang menjadi provokator terjadinya konflik di Papua," harapnya.


Aksi yang dikawal pihak kepolisian Itupun berjalan dengan damai meski sempat menimbulkan kepadatan lalu lintas di bawah jembatan Fly Over.


  • Darsil Yahya/CP/B

 

loading...