Skip to main content

Pemilu 2019, KPU Parepare Tetapkan 95.498 DPT

kpu parepare
Pelaksanaan rapat pleno terbuka DPTHP yang dilakukan KPU Kota Parepare di ruang media center, Kantor KPU Kota Parepare. (KABAR.NEWS/Wahyu Ady Saputra)

KABAR.NEWS, Parepare - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare melaksanakan rapat pleno terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum tahun 2019 di ruang media center, kantor KPU Kota Parepare.

Hal ini dikemukakan oleh Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah saat ditemui KABAR.NEWS usai pelaksanaa rapat pleno terbuka Penetapan DPTHP Pemilu 2019. "Hari ini kami melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan DPTHP, di mana kami telah menetapkan 95.498 orang sebagai daftar pemilih dari hasil perbaikan," ujar Nahdiyah, Rabu (12/09/2018).

Nahdiyah mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menetapkan 95.588 orang pemilih. Namun dalam perbaikan, ada yang dicoret. Karena terdapat perubahan data yang diterima dari berbagai pihak.

"Ada data ganda, ada yang direkomendasikan oleh Bawaslu karena meninggal dunia, ada temuan PPS, juga yang meninggal dunia, ada juga pemilih baru yang direkomendasikan oleh Bawaslu dan ada juga pemilih baru yang ditemukan oleh penyelenggara kami di tingkat kelurahan dan kecamatan," jelasnya.

Nahdiyah menjelaskan, perubahan data tersebut kemudian dimutasikan angkanya, sehingga pada rapat pleno terbuka DPTHP yang dilakukan, menjadi 95.498 orang. Nantinya, data pemilih tersebut terus berproses hingga setelah penetapan DPTHP.

"Masih akan kita akomodir masyarakat yang belum terdaftar dalam daftar pemilih khusus atau dalam daftar pemilih tambahan. Sehingga ini merupakan PR dari semua pihak. Kita berharap kualitas data pemilih pemilu 2019 bisa lebih baik dari pemilu sebelumnya," tutupnya.

  • Wahyu Ady Saputra