Skip to main content

Pemerintah Blokir Layanan Data Internet di Papua Hingga Situasi Kondusif

Internet
Ilustrasi jaringan internet. (INT)

KABAR.NEWS, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai malam ini, Rabu (21/8/2019), memblokir layanan data telekomunikasi di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

 

Pemblokiran layanan data telekomunikasi atau internet di Papua dan Papua Barat, dilakukan Kominfo setelah berkoordinasi dengan instansi terkait.

 

"Setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi, mulai Rabu (21/8)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam siaran persnya yang dilansir KABAR.NEWS.

 

Praktis, pemblokiran layanan data ini melumpuhkan jaringan internet di Bumi Cendrawasih. Kominfo beralasan, pemblokiran sementara ini dilakukan untuk pemulihan situasi di Papua yang memanas beberapa hari terakhir.

 

"Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya," kata Ferdinandus.

 

Pemblokiran layanan data Telekomunikasi di Papua dan Papua Barat dilakukan Kominfo hingga suasana di wilayah tersebut kembali kondusif dan normal. 

 

Sebelumnya, pada Senin (19/8/2019), Kominfo juga telah memperlambat atau melakukan pembatasan jaringan internet di Papua dan Papua Barat saat kerusuhan meletus di Kota Manokwari. Kekhawatiran tersebarnya informasi hoaks menjadi alasan pemerintah.

 

loading...