Skip to main content

Pandemi Corona: Pemerintah Gratiskan Listrik 3 Bulan

Pandemi Corona: Pemerintah Gratiskan Listrik 3 Bulan
Presiden Joko Widodo saat virtual conference. (Foto: Setneg)

KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan langkah yang diambil pemerintah untuk menangani pandemi Virus Corona atau Covid-19. Salah satunya adalah membebaskan kewajiban pembayaran tarif listrik atau gratis.


Baca juga: Amir Uskara: Pemerintah Perlu Realokasi Anggaran untuk Penanganan Covid-19


Jokowi mengatakan, pemerintah menetapkan pelanggan listrik untuk golongan 450 volt amper (VA) akan digratiskan. Jumlah pelanggan listrik ini diperkirakan mencapai 24 juta pelanggan.


"Tentang tarif listrik, perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan," ujar Jokowi dalam konferensi pers melalui virtual, Selasa (30/3/2020) dikutip dari Detikcom.


Pembebasan tarif listrik untuk golongan pelanggan 450 VA itu hanya berlaku selama tiga bulan atau periode April, Mei hingga Juni 2020.


Baca juga: Politikus PKS Tolak Rencana Jokowi Terapkan Darurat Sipil


Selain itu, di tengah darurat penanganan Covid-19 pemerintah juga memberikan relaksasi untuk pelanggan 900 VA. Golongan itu akan diberikan diskon tarif sebesar 50 persen dengan masa pemberlakuan yang sama atau 3 bulan.


"Sedangkan pelanggan 900 VA jumlahnya 7 juta pelanggan akan didiskon 50 persen. Artinya bayar separuh untuk April, Mei dan Juni 2020," tuturnya.

 

Flower

 

loading...