Skip to main content

Ngeri! Pasien Ini Mainkan Biola Saat Otaknya Dioperasi

Ngeri! Pasien Ini Mainkan Biola Saat Otaknya Dioperasi
Proses operasi pengangkatan tumor pasien sambil bermain biola di Rumah Sakit King's College London, Inggris. (Foto: Twitter/KingsCollegeNHS)

KABAR.NEWS, London - Pada umumnya operasi bedah dalam dunia medis dilakukan dengan cara membius pasiennya. Tapi berbeda terhadap apa yang dilakukan sekelompok dokter ahli bedah di Rumah Sakit King's College, London, Inggris.


Para dokter tersebut melakukan operasi pengangkatan tumor otak seorang pasien perempuan yang bermain biola saat operasi berlangsung. Pasien ini bernama Dagmar Turner (53).


Baca juga: Dibanding Dokter, Kecerdasan Buatan Lebih Akurat Diagnosa Kanker Payudara


Sebelum membedah kepala Turner sambil bermain biola, dokter terlebih dulu memetakan bagian otak Turner yang aktif saat memainkan biola dan bagian otak mana yang bekerja untuk mengendalikan bahasa dan gerakan.

 

Melansir Reuters, Rabu (19/2/2020), saat dokter mulai membuka tengkorak kepala Turner, berdasarkan kesepakatan kedua pihak, pasien kemudian dibangunan untuk memainkan biola.


Prosedur ini dilakukan untuk memastikan bahwa dokter tidak merusak area penting di otak yang mengontrol gerakan tangan halus Turner secara khusus ketika memainkan biola.


Saat operasi berlangsung, Turner memainkan musik Gustav Mahler, George Gershwin “Summertime” dan karya-karya penulis lagu dan penyanyi Spanyol, Julio Iglesias dengan pengawasan ketat oleh ahli anestesi dan terapis.



Hasilnya, operasi pengangkatan tumor dari lobus frontal otak kanan Turner berhasil dilakukan dalam kondisi bermain biola. Profesor Keyoumars Ashkan, seorang dokter dalam operasi tersebut mengaku baru pertama kalinya menemukan pasien seperti itu.


"Ini adalah pertama kalinya saya memiliki pasien memainkan alat musik," kata Ashkan, seorang spesialis tumor otak yang juga pianis ulung dan meraih gelar dalam bidang musik.


Baca juga: RUU Ketahanan Keluarga Atur Soal Ovum dan Donor Sperma


"Kami berhasil menghilangkan lebih dari 90 persen tumor, termasuk bagian yang dicurigai terdapat penyebaran yang agresif, sambil mempertahankan fungsi tangan kirinya secara utuh," katanya.


Turner sendiri memang mencintai alat musik biola selama 40 tahun hidupnya. Mengalami tumor otak sempat membuatnya frustasi karena khawatir tak bisa memainkan alat tersebut.


"Biola adalah hasrat saya; Saya sudah bermain sejak saya berusia 10 tahun," katanya. "Pikiran kehilangan kemampuan saya untuk bermain sangat memilukan."

 

loading...