Skip to main content

Netizen Serukan Boikot Film "The Santri" Karya Livi Zheng dan PBNU

Digarap PBNU dan Livi Zheng, Netizen Serukan Boikot Film "The Santri"
Salah satu adegan dalam film The Santri. (Tangkapan Layar/YouTube)

KABAR.NEWS, Makassar - Film The Santri yang disutradarai Livi Zheng, menuai penolakan dari netizen dengan tagar #BoikotFilmTheSantri sehari setelah Ketua Front Santri Indonesia (FSI), Hanif Alathas, menyampaikan penolakan atas film ini.


Dilihat KABAR.NEWS, Senin (16/9/2019) pukul 18.00 WITA, tagar #BoikotFilmTheSantri menjadi trending topik ketiga di media sosial Twitter. Tagar ini telah mencapai 18,2 ribu tweet.


Baca juga: Kasihan! Tayangan Kartun SpongeBob SquarePants Kena Sanksi Gegara Ini

Film The Santri diketahui diinisiasi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan menggandeng Livi Zheng dan Ken Zhang sebagai sutradara, serta Purwacaraka sebagai penata musik dalam film ini.


Dilansir dari laman PBNU, The Santri akan mengangkat nilai-nilai kaum santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren yang berbasis kemandirian kesederhanaan, toleransi serta kecintaan terhadap tanah air.


Menurut Imam Pituduh dari NU Channel, The Santri dipersembahkan sebagai wahana untuk menginformasikan dan mengkomunikasikan keberadaan dunia santri dan pesantren yang memiliki pemahaman tentang Islam yang ramah, damai dan toleran.



Sementara pihak yang menolak penayangan film ini menganggap The Santri tidak mencerminkan nilai - nilai "kesantrian". Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum FSI, Hanif Alathas yang juga mantu dari Imam Besar FPI, Habib Rizieq.


"Front Santri Indonesia menolak film The Santri karena tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya," tutur Hanif, dikutip dari CNN Indonesia, Senin (16/9/2019).


Baca juga: Penyanyi John Butler Diklaim Dukung Pembebasan Papua Barat

Salah satu pemeran The Santri adalah Wirdah Mansyur yang tak lain merupakan putri dari Ustaz Yusuf Mansyur. Film ini dijadwalkan tayang pada Oktober 2019, bertepatan dengan Hari Santri nasional.

 

loading...