Skip to main content

Masih Direhab, Status RTQ di DPRD Makassar Semakin Tak Jelas

Masih Direhab, Status RTQ di DPRD Makassar Semakin Tak Jelas
Rahmat Taqwa Quraisy (tengah) saat diamankan personil Polrestabes Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Nasib Rahmat Taqwa Qurais (RTQ), legislator terpilih DPRD Makassar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga saat ini masih belum jelas. 

 

Saat 49 Anggota DPRD Makassar sedang sibuk menyerap asipirasi atau reses, RTQ masih harus menjalani rehabilitasi, lantaran kecanduan narkoba jenis sabu-sabu. 

 

Kabag Humas DPRD Kota Makassar, Taufiq Nasdir saat dikonfirmasi KABAR.NEWS mengatakan, sejauh ini pihaknya belum ada rencana untuk melakukan pelantikan susulan khusus untuk RTQ. 

 

RTQ diketahui tidak mengikuti pelantikan sehingga statusnya sebagai anggota dewan belum dinyatakan sah. Pasalnya, disaat momen pelantikan pada September lalu, ia masih terhalang proses hukum pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba oleh Polrestabes Makassar. 

 

"Kita cuma menunggu pemberitahuan atau konfirmasi dari partainya, tidak ada juga penyampaian kalau dia di-PAW. Kami juga tidak akan mendesak partai karena ini soal internal partai sendiri, sekretariat DPRD hanya bisa memfasilitasi pelantikan kalau sudah ada konfirmasi dari partai," ujar Taufiq, di Makassar, Rabu (6/11/2019). 

 

Terpisah, Kepala Seksi bidang Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Makassar, Ulfadrian Mandalani mengatakan berkas perkara tersangka RTQ sudah dinyatakan lengkap alias P-21 oleh jaksa peneliti atas kepemilikan sabu seberat 0,45 gram. 

 

Saat ini pihak Kejari akan melakukan pelimpahan tahap dua, yaitu dengan menyerahkan tersangka beserta barang buktinya ke pihak JPU (Jaksa Penuntut Umum).

 

"Berkasnya sudah kita nyatakan P-21 sejak seminggu yang lalu, selanjutnya JPU tinggal menunggu dari penyidik, kapan tersangka dan barang buktinya akan ditahap duakan," tandasnya. 


Andi Frandi/B

 

loading...