Skip to main content

Lima Cara Tingkatkan Libido Seks, Nomor 4 Kerap Anda Sepelekan

Lima Cara Tingkatkan Libido Seks, Nomor 4 Kerap Anda Sepelekan
Ilustrasi hubungan pasangan suami istri. (Shutterstock)

KABAR.NEWS - Libido, atau dorongan seksual, secara alami bervariasi antar individu. Memiliki gairah seks yang rendah tidak selalu menjadi masalah, tetapi jika seseorang ingin meningkatkan libido mereka, mereka dapat mencoba berbagai metode alami yang efektif.


Baca juga: Pembuluh Darah Perempuan Ini Pecah akibat Orgasme Setelah "Oral Seks"

Kecemasan, kesulitan hubungan, masalah kesehatan, dan usia semuanya dapat memengaruhi libido, baik untuk pria maupun perempuan. Meski libido rendah biasanya tidak bermasalah, itu dapat mempengaruhi hubungan dan harga diri seseorang.


Menurut penelitian, ada beberapa cara terbaik agar pria dan wanita dapat meningkatkan libido mereka menggunakan metode yang benar-benar alami.


Kecemasan dan stres juga dapat membuat seseorang lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, yang dapat membuat seseorang berhenti berhubungan seks. 


Baca juga: Inilah Waktu-waktu yang Terbaik untuk Berhubungan Seks

Sebuah ulasan berjudul "Erectile Dysfunction in Young Men-A Review of the Prevalence and Risk Factors" yang diterbitkan pada 2017, menyarankan bahwa depresi dan kecemasan dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.


Bagi Anda pasangan suami-istri, berikut 5 cara alami meningkatkan libido seksual Anda:


1. Kelola kecemasan


Orang dengan jadwal kerja yang intens, memiliki tanggung jawab penuh, atau tekanan hidup lainnya mungkin merasa lelah dan, akibatnya, memiliki hasrat seksual yang rendah.


Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang untuk mengelola kecemasan mereka dan meningkatkan kesehatan mental mereka, termasuk: mempraktikkan kebersihan tidur yang baik, meluangkan waktu untuk hobi favorit serta berolahraga secara teratur.


Bukan hanya itu, meningkatkan kesehatan mental untuk menjaga kondisi libido yang ideal, Anda juga perlu makan makanan bergizi, bekerja untuk meningkatkan hubungan dan berbicara dengan seorang terapis.


2. Perhatikan Durasi Forelplay


Dilansir dari Medical News Today, pemanasan atau foreplay saat bercinta bagi wanita adalah sangat penting. Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libido mereka. 


Dalam banyak kasus, orang dapat meningkatkan pengalaman seksual mereka dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyentuh, mencium, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral. Beberapa orang menyebut tindakan ini outercourse.


Menurut beberapa penelitian tahun 2017, hanya sekitar 18 persen wanita yang mengalami orgasme dari hubungan seksual saja, sementara 33,6 persen wanita melaporkan bahwa stimulasi klitoris diperlukan bagi mereka untuk orgasme.

 

3. Jaga Berat badan Anda


Beberapa ilmuwan menghubungkan kelebihan berat badan dan obesitas dengan dorongan seks yang rendah, bersama dengan faktor-faktor lain yang terkait dengan berkurangnya kesuburan. Ini terkait dengan faktor hormonal, seperti konsentrasi testosteron yang rendah.


Beberapa orang yang kelebihan berat badan juga mungkin mengalami efek psikologis, seperti rasa percaya diri yang lebih rendah.


Mempertahankan berat badan yang sehat dapat meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis. Makan makanan yang sehat dan berolahraga teratur dapat membantu mencapai ini, serta meningkatkan tingkat energi keseluruhan seseorang.


4. Berhenti merokok


Merokok dapat berdampak negatif pada sistem kardiovaskular seseorang. Kesehatan jantung yang baik penting untuk fungsi seksual yang baik.

Orang yang merokok mungkin menemukan bahwa tingkat energi dan dorongan seksualnya meningkat setelah mereka berhenti.


5. Dapatkan kualitas tidur yang baik


Tidur nyenyak dapat meningkatkan suasana hati dan energi seseorang secara keseluruhan, dan beberapa penelitian juga mengaitkan kualitas tidur dengan libido.


Sebuah studi skala kecil pada 2015 pada wanita menunjukkan bahwa tidur lebih banyak di malam hari sebelum meningkatkan hasrat seksual mereka pada hari berikutnya. 


Wanita yang melaporkan waktu tidur rata-rata lebih lama melaporkan gairah genital yang lebih baik daripada mereka yang memiliki waktu tidur lebih pendek.

 

Selamat mencoba!

 

loading...