Skip to main content

"Lepas Baju mu, Bikin Malu Golkar" Keributan Warnai Sidang Risman

"Lepas Baju mu, Bikin Malu Golkar" Keributan Warnai Sidang Risman
Proses jalannya persidangan dengan terdakwa Muhammad Risman Pasigai di PN Makassar, Senin (17/2/2020). (KABAR.NEWS/Andi Frandi)

KABAR.NEWS, Makassar - Keributan mewarnai sidang lanjutan dugaan pencemaran nama baik yang menjerat Muhammad Risman Pasigai, Pengurus DPD Partai Golkar Sulsel sebagai terdakwa.


"Lepas itu baju golkar, kau bikin malu marwah Golkar di sini," teriak salah satu pengunjung sidang. Perkataan tersebut ditujukan kepada Risman Pasigai saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Senin (17/2/2020).


Ungkapan tersebut terlontar sesaat setelah terdakwa (Risman) yang meminta saksi yakni Rusdin Abdullah (Rudal) agar tidak menyinggung persoalan partai dan Musda Golkar dalam sidang.


Melihat situasi yang mulai tidak kondusif, Ketua Majelis Hakim, Zulkifli langsung meminta pihak pengamanan untuk mengusir pengunjung sidang yang dianggap tidak tertib.


"Bawa keluar, tidak menghargai sidang, tolong pengamanan bawa dia keluar," kata Zulkifli.


Rudal, saksi sekaligus pelapor mengaku sangat dirugikan dengan perbuatan terdakwa (Risman Pasigai). Ia menyebut dampak perbuatan terdakwa bahkan berimbas pada keluarga.


Rudal juga mengaku tidak diundang saat Musda Golkar yang menjadi lokasi awal mula kejadian ini, namun meski begitu ia mengetahui tuduhan yang dilayangkan Risman melalui media online dan akun akun media sosial yang ramai menunjukkan kelakuan Risman Pasigai.


Ia kemudian melaporkan kejadian tersebut, sehingga Risman ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sulsel. Risman dijerat pasal berlapis oleh JPU, yakni pasal 311 ayat 1 dan 310 ayat 1 tentang pencemaran nama baik dan penistaan, ia terancam hukuman maksimal empat tahun penjara.


Penulis: Andi Frandi

 

loading...