Skip to main content

KPK Mulai Usut Aset-aset Pemprov Sulsel

kpk
Koordinator Korsupgah Sulawesi, Tri Gamarefa. (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meminta bantuan Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk mengusut sejumlah aset daerah yang dinilai tak terurus.

 

Dari data Biro Pengelola Barang dan Aset Pemprov Sulsel, terdapat, 1.070 aset baru. Sedangkan yang sudah bersertifikat sekitar 500 aset. Koordinator Korsupgah Sulawesi, Tri Gamarefa menegaskan, dibutuhkan keseriusan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel untuk menyelesaikan aset pemprov ini.

 

Sebab jika hanya OPD yang diandalkan, maka langkah tersebut tidak akan berjalan dengan baik. "Kita ingin ada inventarisasi. Saya tidak mau hanya dengar-dengar saja. Makanya, waktu kita ketemu OPD, ada beberapa yang tidak kirimkan perwakilan. Padahal kita meminta orang yang lebih mengerti dulu. Mulai dari perolehannya di mana hingga riwayat tanahnya," ucap Tri kepada KABAR.NEWS di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (13/12/2018).

 

Menurutnya, banyak pengaduan dari masyarakat terkait aset daerah. Namun, pihaknya tidak serta merta langsung menerima laporan tersebut. Sehingga perlu adanya penataan kronologis setiap aset yang belum tersertifikat. ''Kalau ke depannya ada persoalan hukum pasca inventarisasi, silahkan ditindaklanjuti. Untuk saat ini kita masih lakukan pencegahan," pungkasnya.

 

  • Andi Khaerul