Skip to main content

Kenali Gejala Flu Singapura yang Rentan Menjangkit Anak

Kenali Gejala Flu Singapura yang Rentan Menjangkit Anak
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Flu Singapura merupakan salah satu penyakit yang disebabka oleh kelompok virus bernama enterovirus.

 

Dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMDF) di mana virus ini dapat menyebabkan tangan, kaki dan mulut penderitanya menjadi melepuh. 



Walaupun gejalanya seperti flu biasa dan bisa dilakukan perawatan di rumah dengan metode istrahat, flu ini tidak bisa di anggap sepeleh. 

 

Pasalnya sejak tahun 1997 wabah penyakit ini sudah menelan korban jiwa dan paling banyak berasal dari usia anak-anak.



Penderita virus ini sangat menyiksa anak-anak. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan munculnya demam ,selain itu badan akan terasa sakit dan lemah. 

 

Faktor utama yang paling menyiksa adalah timbulnya bintil seperti sariawan di sekitar mulut. Tentunya berdampak pada anak yang akan kesulitan makan dan menelan. 

 

Virus tersebut hidup dalam cairan hidung dan tenggorokan, air ludah, tinja, serta cairan pada ruam kulit, dan sangat mudah ditularkan ke orang lain malalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau barang yang terkontaminasi oleh cairan tubuh penderita.

 

Pengobatan Flu Singapura

Umumnya, flu Singapura tidak membutuhkan pengobatan. Kondisi ini kerap pulih dengan sendirinya setelah 7-10 hari. Flu Singapura disebabkan oleh virus, jadi penderita tidak perlu mengonsumsi antibiotik, dan tidak ada antivirus yang spesifik untuk mengatasi virus penyebabnya.

Orang tua dapat melakukan perawatan mandiri untuk membantu meredakan gejala apabila anak menderita flu Singapura, seperti, memberikan paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan rasa nyeri atau demam.

 

loading...