Skip to main content

Jumlah Korban dan Kesaksian Warga atas Kebakaran Pasar Karuwisi

Jumlah Korban dan Kesaksian Kebakaran Pasar Karuwisi
Kerumunan warga mulai mengais barang-barang yang masih bisa terpakai dari sisa kebakaran Pasar Karuwisi, Jumat (6/9/2019) malam. (KABAR.NEWS/Reza Rivaldy)

KABAR.NEWS, Makassar - Pasar Karuwisi di jalan Sehati, Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar, terbakar pada Jumat (6/9/2019) petang. Kebakaran tradisional ini menghanguskan belasan kios pedagang dan rumah warga.


Baca juga: Pasar Karuwisi Terbakar, Belasan Kios dan Rumah Hangus

Sebanyak 62 orang personil pemadam kebakaran diterjunkan, termasuk 15 mobil armada untuk menjinakkan Si Jago merah di pasar yang berada didekat pemukiman padat penduduk ini.


"Sekitar pukul 17.40 Wita api dapat dikuasai," ujar Sekertaris Damkar, Hasanuddin, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (6/9/2019).


Dari pantaun KABAR.NEWS di lokasi kebakaran Pasar Karuwisi, terlihat warga mulai mengais barang yang masih tersisa dari bekas puing-puing kios dan rumahnya.


Terlihat juga petugas dari Dinas PU Kota Makassar, yang sedang melakukan perbaikan terhadap kabel yang terbakar. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran Pasar Karuwisi.


Tapi, menurut kesaksian warga, percikan api diduga akibat arus pendek. Warga juga menduga, api berasal dari dalam dapur rumah kompor yang sedang menyala lalu ditinggal pemiliknya. Kebakaran Pasar Karuwisi diperkirakan pukul 15.30 WITA.


"Saya kurang tahu karena tiba-tiba membesar (api), antara arus pendek listrik atau orang memasak baru na tinggalki masakannya," ujar Nasir salah satu warga yang rumahnya terbakar, kepada KABAR.NEWS di lokasi.


Baca juga: Hingga Awal September, Makassar Dilanda 154 Kali Musibah Kebarakan  

Sementara, jumlah korban luka akibat kebakaran Pasar Karuwisi berjumlah dua orang. Satu korban mengalami luka bakar berusia 50, menurut Damkar Makassar.


"Korban luka bakar satu orang umur 50 tahun, dan seorang remaja mengalami sesak nafas akibat asap yang dihirup," ungkap Hasanuddin.


  • Reza Rivaldy/CP/B

 

 

loading...