Skip to main content

Jokowi dan Ma'ruf Amin Resmi Presiden dan Wapres 2019-2024

Jokowi dan Ma'ruf
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (int)

KABAR.NEWS - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin akhirnya mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). 

 

Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma'ruf Amin. Dengan demikian, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi RI-1 dan RI-2 periode 2019-2024.
 

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula dengan Ma'ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.

 

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi.

 

Setelah itu, Ma'ruf juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI. 

 

Dengan ini, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi Presiden-Wapres 2019-2024. Keduanya juga menandatangani berita acara pelantikan.

 

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri oleh 16 pejabat dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga utusan. Pejabat dalam negeri juga hadir, termasuk Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir pula rival Jokowi-Ma'ruf saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.


 

 

loading...