Skip to main content

Jokowi Ajak "Pace-Mace" Papua Saling Memaafkan

Jokowi Ajak "Pace-Mace" Papua Saling Memaafkan
Presiden Jokowi saat berada di Papua. (Instagram/Jokowi)

KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat dan sejumlah wilayah lainnya di Papua akibat insiden persekusi mahasiswa di asrama Papua, Surabaya, Jawa Timur beberapa hari lalu.


Baca juga: Rusuh Papua Meluas Hingga Makassar

Presiden Jokowi mengakui adanya ketersinggungan yang dirasakan oleh warga Papua dan Papua Barat. Dengan sapaan akrab warga Papua, Jokowi mengajak untuk saling memaafkan.


"Jadi, saudara-saudaraku, Pace, Mace, Mama-mama di Papua, di Papua Barat, saya tahu ada ketersinggungan. Oleh sebab itu, sebagai saudara sebangsa dan setanah air, yang paling baik adalah saling memaafkan,” kata Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/8/2019).


Selain itu, Jokowi meyakinkan warga bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan warga Papua dan Papua Barat.

 

"Yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan Pace, Mace, Mama-mama yang ada di Papua dan Papua Barat," tutup dia. 


Baca juga: Rusuh Manokwari, Khofifah Minta Maaf ke Gubernur dan Masyarakat Papua

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, telah meminta maaf kepada masyarakat Papua dan Papua Barat serta Gubernur Provinsi Papua Lucas Enembe, terkait aksi persekusi mahasiswa Papua di asrama mereka.


Rusuh Manokwari telah menyebar ke bebera adaerah di Papua. Sejumlah massa telah melakukan aksi pembakaran di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Kota Sorong, Papua Barat.


Sumber: Sekretariat Kepresidenan

 

loading...