Skip to main content

Ini Penjelasan Ketua Bawaslu Sinjai Terkait Klarifikasi Bupati Dilakukan di Rujabnya

Bawaslu Sulsel
Ketua Bawaslu Kabupaten Sinjai Muhammad Rusmin.


KABAR.NEWS, Sinjai - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sinjai Muhammad Rusmin angkat bicara pasca terperiksanya atau klarifikasi Bupati Sinjai dugaan adanya pelanggaran Pemilu 2019 yang dilakukannya. Kamis (21/3/2019).


Rusmin membeberkan, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dimintai klarifikasinya di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati pada Senin (18/3/2019) malam yang lalu itu bukan hanya alasan kesibukan Bupati sehingga  diklarifikasi di Rujab dalam hal penanganan laporan atau temuan terhadap dugaan pelanggaran Pemilu.

 
"Kami di Bawaslu memiliki kewenangan untuk mengundang klarifikasi baik terlapor, pelapor serta saksi untuk memastikan kesesuai antaran laporan atau temuan  dengan fakta yang ada agar bisa memastikan apakah memang secara fakta ada pelanggaran atau tidak," jelasnya.


Lanjut Rusmin, Sehingga dalam hal mengundang kata dia Bawaslu tidak memiliki kewenangan untuk memaksa memenuhi undangan, meski sudah berikan undangan secara tertulia sebanyak Dua kali.


"Bawaslu punya kewenangan mengundang secara patut sebanyak Dua kali namun jika karena sesuatu dan lain hal tidak bisa hadir tepat waktu sesuai undangan, maka demi kepentingan penanganan laporan atau temuan maka bisa saja kami jemput bola dengan mendatangi atau menentukan tempat lain untuk memintai keterangan selama bisa dijamin memperlancar proses pengungkapan fakta-fakta yang ada," bebernya.


"Sama halnya dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh Sentra Gakkumdu dengan mendatangi pihak-pihak yang akan dimintai keterangan, misal pemberian keterangan ahli ataupun saksi-saksi," sambungnya.

  • Syarif

 

loading...