Skip to main content

Google Doodle Hari Ini: Merayakan Situs Warisan Dunia di Papua

Google Doodle Hari Ini: Merayakan Situs Warisan Dunia di Papua
Google Doodle tentang Taman Nasional Lorentz pada Rabu 4 Desember 2019. (Screen shot)

KABAR.NEWS - Google Doodle merayakan pengukuhan Taman Nasional Lorentz sebagai situs warisan dunia Unesco, tepat pada hari ini 20 tahun yang lalu, Rabu (4/12/2019).


Taman Nasional Lorentz menyimpan keanekaragaman hayati terlengkap di dunia. Taman ini membentang di antara gugusan Cartenz Pyramid, Provinsi Papua, merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas 2,35 juta hektare menurut Unesco.


Baca juga: Google Maps Perkenalkan Fitur Nagivasi Live View

Pada laman muka Google hari ini, tampak desain Doodle untuk Taman Nasional Lorentz memperlihatkan seekor burung berwarna coklat dengan latar gunung dan keanekaragaman tumbuhan.


Menurut World Heritage Unesco di laman resminya, Taman Nasional Lorentz adalah satu-satunya kawasan lindung di dunia yang menggabungkan transek ekologis berkelanjutan dari puncak gunung berselimut salju ke lingkungan laut tropis, termasuk lahan basah dataran rendah yang luas.


Dikutip dari laman Wikipedia, nama Taman Nasional Lorentz berasal dari nama seorang penjelajah asal Belanda yakni Hendrikus Albertus Lorentz,yang melewati daerah tersebut pada tahun 1909.


Lembah di Taman Nasional Lorentz yang berada di ketinggian 3250 Mdpl. (Instagram/lorentznationalpark)
Lembah di Taman Nasional Lorentz yang berada di ketinggian 3250 Mdpl. (Instagram/lorentznationalpark)

Unesco mengukuhkan Taman Nasional Lorentz sebagai situs warisan dunia pada tahun 1999. Dua tahun sebelumnya, Kementerian Kehutanan RI menetapkan Lorentz sebagai taman nasional.
 

Akan tetapi, dalam dokumen yang baru-baru ini diunggah WHC Unesco di situs resminya, komite warisan dunia pada keputusan nomor 43 COM 7B.9 meminta pemerintah Indonesia untuk meninjau ulang jalan penghubung Habbema-Kenyam yang dinilai berisiko terhadap perlindungan Taman Nasional Lorentz.


Baca juga: Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Olga Ladyzhenskaya, Siapa Dia?

Dari tahun 2003 hingga kini, WWF-Indonesia Region Sahul Papua sedang melakukan pemetaan wilayah adat dalam kawasan Taman Nasional Lorentz.

 

Data Unesco menunjukkan, ada 123 spesies mamalia yang hidup di Taman Nasional Lorentz dan mewakili 80 persen dari total fauna mamalia Papua.

 

loading...