Skip to main content

DPKH Sulsel Programkan Penyelamatan Sapi Bunting di RPH

peternakan
Kepala DPKH Sulsel Abdul Aziz. (KABAR.NEWS/Andi Khaerul)

 

KABAR.NEWS,Makassar - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Aziz, mengatakan bahwa saat ini pihaknya berupaya menyelamatkan sapi betina bunting yang hendak dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RTH) maupun di masyarakat.

 

Alasannya, sapi betina tersebut dinilai masih produktif untuk menambah populasi. Sehingga, pihaknya upayakan membeli langsung sapi tersebut dari RTH apabila kedapatan akan menyembeli sapi betina bunting tersebut. DPKH bahkan telah bentuk tim khusus, untuk memantau langsung sapi bunting tersebut di lapangan.

 

''Intinya kita menyelamatkan sapi betina yang bunting. Jadi kita programkan yang bunting atau mengandung 7 bulan dari pada dipotong begitu saja. Ini yang mau kita selamatkan. Karena satu kali memotong, dua nyawa melayang kan," ucap Abdul Aziz saat ditemui di Hotel Arthama Makassar, Kamis (21/3/2019).

 

Azis menjelaskan, DPKH Sulsel juga punya dokter hewan yang akan selalu mengecek kondisi sapi betina yang tengah bunting, atau tidak di setiap peternakan perusahaan maupun ternak pribadi milik masyarakat.

 

"Kita sudah kerjasama dengan beberapa badan usaha. Ini problem yang kita hadapi di Sulsel, banyak sapi betina yang masih produktif langsung masuk rumah pemotongan. Ini yang jadi perhatian kita dan ini harus dikendalikan," pungkasnya.

 

Andi Khaerul

 

loading...