Skip to main content

Disinggung Jokowi, Prabowo Akui Punya Tanah 220 Ribu Hektare, Tapi...

Prabowo Akui Punya Tanah 220 Ribu Hektare di Kalimantan, Tapi...
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. (Instagram/prabowo)

KABAR.NEWS, Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi sempat menyinggung pada debat kedua tentang tanah seluas 220 ribu hektare milik Capres Prabowo Subianto di Kalimantan Timur.


"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare," ujar Jokowi saat sesi debat kedua di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019).


BACA JUGA: Soal Maritim, Prabowo Sebut Jokowi Hanya Terima Laporan yang Bagus-bagus

Pernyataan Jokowi tersebut merupakan jawaban atas singgungan Prabowo, yang menyebut pembagian sertifikat tanah yang menjadi program pemerintah menuai masalah di masyarakat.

 

Luasnya tanah milik Prabowo di Provinsi Kalimantan Timur dan Aceh, kata Jokowi, tidak akan diberikan apabila pembagian itu terjadi pada masa pemerintahannya saat ini.


"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," tutur Jokowi.


Baca juga: Ledakan di Dekat Nobar Debat Tim Jokowi-Ma'ruf, Saksi: Seperti Bom!

Di akhir sesi debat kedua Capres, Prabowo pun mengakui bahwa tanah ratusan ribu hektare tersebut memang miliknya. Akan tetapi, tanah itu bersifat Hak Guna Usaha atau HGU.


"Mengenai tanah, itu benar, itu HGU," beber Prabowo, menyampaikan statement pamungkasnya.


"Jadi setiap saat negara bisa ambil alih kembali, kalau untuk negara saya kasi. Daripada jatuh ke asing, lebih baik saya kelola sebagai seorang nasionalis patriot," tandas Prabowo.

 

loading...