Skip to main content

Dikritik Dewan, Iqbal Diberhentikan Jadi PJ Walikota Makassar

Iqbal
Iqbal Suhaeb saat dilantik menjadi Pj Walikota Makassar setahun lalu.(IST) 

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Iqbal Suhaeb sudah setahun menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Makassar. Namun, di mata Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, kinerjanya tak memuaskan sehingga banyak menuai kritik.


“Ungkapan-ungkapan dan semua perasaan sudah kita sampaikan kepada gubernur. Jadi terserah saja pak gubernur akan menindak lanjuti surat teman-teman fraksi, ya terserah saja,” tandas Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir, Selasa (12/5/2020).


Wahab mengatakan bahwa semua fraksi di DPRD Kota Makassar sepakat memberi nilai minor kepada Iqbal Suhaeb selama menduduki kursi 01 Pemerintah Kota Makassar selaku pelaksana tugas.


“Dan menurut penilaian semua fraksi, (Pj Wali Kota) tidak dapat diajak bekerja sama dengan baik, sehingga dimintakan kepada gubernur untuk dilakukan evaluasi,” tuturnya.


Ia juga mengungkapkan bahwa catatan buruk Iqbal Suhaeb selama menjabat menjadi Pj Walikota Makassar berdasarkan dinamika yang terjadi di internal Pemkot Makassar. Termasuk menyoal tentang konflik internal SKPD dan penanganan Covid-19.


“Pertimbangannya, saya ini 11 tahun di DPRD Makassar, tapi tidak pernah mendengar rumah jabatan didemo oleh ASN. Ini soal kewibawaan, ini yang saya katakan soal attitute,” tegasnya.


“Janganmi kita bicara Toko Agung, kalau Agung itu sudah berlebihan sekali, sebelum Agung kan sudah luar biasa perlawanan, berarti tidak berwibawa pemerintahan ini,” keluhnya.


Kini, Iqbal Suhaeb resmi diberhentikan sebagai Pj Walikota Makassar. Itu sesuai surat resmi yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang mengesahkan Prof Yusran Jusuf sebagai Pj Wali Kota Makassar. 


Prof Yusran yang saat ini menjabat Kepala Bappelitbangda Sulsel resmi menggantikan Iqbal Suhaeb dan rencananya akan dilantik pada Rabu (13/5/2020) besok.


Hal tersebut dibenarkan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Nurdin menyampaikan, Prof Yusran akan dilantik sebagai Pj Wali Kota Makassar Rabu siang besok. Dia mengaku baru menerima SK resmi tersebut Selasa malam tadi.


“Rencananya besok siang kita lantik. Beri kesempatan dulu jahit baju ekspres. Saya juga sudah panggil Pak Yusran di rujab malam tadi,” jelasnya dikutip dari FAJAR, beberapa saat lalu.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B

 

Flower

 

loading...