Skip to main content

Dana TGUPP Dipertahankan, Sementara Anggaran Dinsos Sulsel Dipangkas Rp 1 M

Sidang Komisi E DPRD Sulsel
Suasana Rapat Komisi E yang membahas terkait anggaran kesejahteraan rakyat dalam APBD Perubahan 2019. (KABARNEWS/Chaidir)

KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dianggap ngotot mempertahankan anggaran untuk Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), sementeara sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapat pemangkasan anggaran, termasuk Dinas Sosial yang dipangkas hingga Rp 1 miliar.  

 

Komisi E, Irfan AB menilai pemotongan Anggaran Dinsos tersebut tidak tepat, lantaran Dinas Sosial memiliki program-program yang berhubungan dengan tanggung jawab negara untuk memelihara masyarakat miskin dan orang tua jompo.

 

Irfan mengaku pihaknya saat ini telah setuju untuk memperjuangkan dana tersebut dikembalikan.


Baca juga: Arifin Hilang, Warga Blokir Poros Jeneponto Karena Diduga Diculik OTK


"Kami setuju, rasionalisasi ini dikembalikan lagi. Karena di Dinas Sosial itu banyak pembiayaan-pembiayaan yang menyangkut langsung untuk kepentingan stakeholder yang selama ini dilayani oleh Dinsos, misalnya orang tua jompo, yang kedua orang miskin. Terus panti-panti yang tersebar di sekian kabupaten," pungkasnya.

 

Sebelumnya dikabarkan, Nurdin Abdullah dalam usulan Kebijakan Anggaran APBD-Perubahan memilih memangkas sejumlah anggaran OPD, termasuk Dinas Sosial dengan alasan penyesuaian anggaran.

 

Sementara disisi lain, anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan malah ngotot diperjuangkan Nurdin, padahal anggaran tim khusus Gubernur tersebut jika dikalkulasi sangat besar, setara dengan pemangkasan 4 OPD, yakni Rp 4,36 Miliar. 

 

Chaidir/CP/B

 

 

loading...