Skip to main content

BPBD Lutra Simulasi Bencana di TK dan Taman Bermain

BPBD Lutra Simulasi Bencana di TK dan Taman Bermain
Simulasi bencana di TK Pembina Kelurahan Marobo, Sabbang, Luwu Utara. (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Masamba - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulsel, terus menggalakkan budaya sadar bencana sejak dini kepada masyarakat.


Kali ini, BPBD Lutra memberikan pemahaman budaya sadar bencana kepada sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Pengajian Alqur’an (TPA), di Kecamatan Sabbang, Kamis (13/2/2020).


Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muhtar mengatakan, pendidikan sadar bencana dilakukan ke anak-anak TK usia pra sekolah sebagai upaya dini menumbuhkan kesiapsiagaan bencana.


"Apalagi, Luwu Utara adalah salah satu daerah yang rentan terhadap bencana, seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung, bahkan gempa bumi. Kita juga bahkan sampai ke Taman Bermain," Muslim dalam keterangan tertulisnya.


Salah satu sekolah yang dikunjungi adalah TK Pembina Kelurahan Marobo Kecamatan Sabbang yang dipimpin Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lutra.


"Alhamdulillah, antusiasme para bocah TK begitu tinggi karena kita mengedukasi mereka dengan metode bermain. Suasana lebih hidup, sehingga memudahkan kita dalam memberikan pesan-pesan kebencanaan kepada para bocah TK ini,” terangnya.


Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya menumbuhkan budaya sadar bencana kepada seluruh siswa dari berbagai tingkatan sekolah.

 

"Ini penting kita lakukan agar mereka mampu mengenali potensi, dampak dan upaya perlindungan bencana yang bisa terjadi di sekitar mereka,” ujarnya. Tak hanya itu, BPBD juga mengedukasi melalui berbagai media informasi, media sosial, serta forum-forum yang melibatkan masyarakat.

 

loading...