Skip to main content

Belum Terakreditasi, RS Grestelina dan 6 RS di Makassar Terancam Tanpa BPJS

Belum Terakreditasi, RS Grestelina dan 6 RS di Makassar Terancam Tanpa BPJS
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. 

KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mengancam bakal tidak bisa lagi bekerjasama dengan BPJS Kesehatan terhadap tujuh rumah sakit yang belum terakreditasi.


Baca juga: Wali Kota Makassar Prihatin Anak Korban Penyekapan dan Pemerkosaan Putus Sekolah 

Itu diutarakan oleh Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Katanya jumlah rumah sakit di Makassar sebanyak 47. Namun, tujuh diantaranya belum terakreditasi. 


"Itupun masih diberikan kesempatan oleh BPJS enam bulan untuk mempersiapkan akreditasinya. Karena kan memang kalau tidak terakreditasi tidak boleh lagi bekerja sama dengan BPJS," kata Naisyah di Balaikota Makassar, Selasa (15/1/2019). 


Adapun tujuh rumah sakit di Makassar yang belum terakreditasi di antaranya, RS Grestelina, RS Paramont, RS Mutiara, RS Hikma, RS Restu, RS Catrina Bold dan RS Gia Lestari.


Ia menambahkan, akreditasi merupakan syarat yang tertuang dalam UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan rumah sakit.


Baca juga: Berminat? 75 Mobil dan 134 Motor Randis Pemprov Sulsel Bakal Dilelang Terbuka

Selain itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Dalam Jaminan Kesehatan Nasional.


"Harapan Kemenkes agar semua rumah sakit mempersiapkan akreditasi. Karena kalau tidak bekerjasama dengan BPJS siapa mau dilayani? Sedangkan semua penduduk sudah punya kartu BPJS," tukas Naisyah.


  • Andi Frandi

 

loading...