Skip to main content

Bahan Peledak Ditemukan, Polisi Duga Bakal Diledakkan di HUT RI

kabid humas polda sulsel
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Empat terduga teroris yang berhasil ditangkap Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Kabupaten Bone dan Luwu Timur (Lutim). Mereka diduga akan melakukan aksi teror pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73 di Sulawesi Selatan.

Dugaan tersebut mencuat setelah Densus 88 menemukan bahan peledak cair sebanyak 15 kilogram yang sudah siap digunakan di Dusun Tobenteng, Desa Liliriattang, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, Sulsel.

"Dengan bahan peledak, terus pasti mereka akan melakukan aksinya dan tergetnya tidak terlalu jauh (Sulawesi Selatan). Tidak menutup kemungkinan, di 17 Agustus akan dilakukan (aksi pengeboman)," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Sabtu (11/8/2018).

Menurutnya, bahan peledak tersebut telah dicampur dalam bentuk cairan. Selanjutnya akan diberikan detonator dan siap diledakkan. Beruntung, Densus 88 Anti Teror Mabes Polri berhasil mendeteksi dan meringkus para pelaku beserta barang bukti bahan peledak.

"Aksi yang akan dilakukan mereka ini tidak menutup kemungkinan akan menyerang pihak kepolisian karena banyaknya teroris yang diamankan di Sulawesi Selatan," tambahnya.

Empat terduga teroris berhasil ditangkap oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di dua lokasi yang berbeda pada Jumat (10/8/2018) kemarin. Penangkapan pertama di Kabupaten Luwu Timur yaitu berinisial ID (28), warga Desa Mulyasari, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur ini diamankan disebuah bengkel tempat ia bekerja.

Kemudian, pelaku berinisial RU (40), warga yang tercatat tinggal di belakang kantor Lurah Tomoni, Lingkungan Kuwarasan, Kelurahan Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Lutim. Ia berhasil diamankan di depan Bank BRI, Kantor Cabang Pembantu Tomoni.

Sementara, penangkapan di lokasi kedua terjadi di Dusun Tobenteng, Desa Liliriattang, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, Sulsel, Jumat (10/8/2018) siang sekitar pukul 11.30 Wita. Mereka yang ditangkap yaitu MU alias YD (37) dan BD (28).

  • Lodi Aprianto

 

loading...