Skip to main content

Angkat Budaya Enrekang, KSM Pentaskan Kisah Pahlawan Tu Maling

KSM
Suasana pentas KSM Tu Maling di Gedung PKK/Dharma Wanita, Kota Makassar. (Kabar.News/Mustawaf Ansar)

KABAR.NEWS, Makassar - Komunitas Seni Massenrempulu (KSM) menggelar pentas Teater dalam rangka milad KSM ke-14 di Gedung PKK/Dharma Wanita, Jalan Anggrek Raya nomor 1, Kota Makassar, Jumat (14/02/2020).

 

Milad ke 14 KSM mengangkat tema "Malepong Tallu Kada" yang berarti menyatukan tiga etnis, Maiwa, Duri, dan Enrekang dalam satu yakni Massenrempulu.

 

"Pertunjuan malam ini kami angkat dengan judul "Tu Maling". Tu Maling merupakan seorang pahlawan dari Enrekang Utara," ujar Irsan wirasukma sebagai sutradara pertunjukan.

 

Irsan menyebutkan cerita Tu Maling didapatkan berdasarkan cerita-cerita dari beberapa orang-orang tua yang ada di Enrekang Utara. Hal itu membuatnya tertarik mengangkat pertunjukan tersebut ke atas panggung.

 

"Kita sebagai manusia tidak memiliki hak untuk memvonis baik buruknya orang lain. Tidak hanya itu pesan kebudayaan juga banyak kami masukkan ke dalam pertunjukan," jelasnya.

 

KSM sendiri merupakan organisasi yang menampung berbagai nahasiswa Enrekang dari berbagai kampus di Makassar, yang ingin bergelut di dunia seni dan budaya.


Penulis : Mustawaf Ansar/Cp/B

 

loading...