Skip to main content

Anggaran Renovasi Lapas Bulukumba Capai Rp9,2 Miliar

Lapas
Kepala Lapas Bulukumba, Syarifuddin Nakku. (int)


KABAR.NEWS, BULUKUMBA - Renovasi ruangan dan blok Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Bulukumba, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Gantaran, Kabupaten Bulukumba, yang saat sementara dalam proses pengerjaan, menelan anggaran sebesar Rp9,2 Miliar. 


Kepala Lapas Klas II A Bulukumba, Syarifuddin Nakku, mengatakan, anggaran yang digunakan untuk renovasi bersumber dari Kementerian, setelah usulan pihaknya ditolak oleh Pemda Bulukumba. 


Menurutnya, renovasi Lapas juga harus dilakukan setelah bencana angin puting beliung pada Mei 2018 lalu melanda Bulukumba dan memporak-porandakan sebagian bangunan Lapas. 


"Berdasarkan informasi dari sini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba itu tidak memberikan bantuan untuk perbaikan. Tetapi ini kembali diusulkan berdasarkan surat Badan Penaggulangan Bencana (BPB)," kata Kalapas Bulukumba kepada KABAR.NEWS, Selasa (3/12/2019). 

Syarifuddin Nakku menjelaskan, anggaran DIPA Kementerian tersebut turun pada bulan Oktober 2019 lalu. Tanpa melalui tender. 


"Memang sudah waktunya. Dipa online ini turun tanggal 10 Oktober 2019 dan langsung dilakukan koordinasi ke seluruh instansi yang terlibat," jelasnya. 


DIPA tersebut khusus penanggulangan bencana yang sesuai peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang penaggulangan bencana. Dengan peraturan pengadaan barang jasa nomor 13 tahun 2018. 


"Ini pengerjaannya hanya 60 hari kedepan atau 2 bulan. Harus selesai tanggal 30 Desember 2019 mendatang," pungkas pria kelahiran Kabupaten Takalar ini. 


Tahap proses pengerjaan renovasi ruangan dan blok Lapas Klas II A Bulukumba kini telah mencapai 50 persen. Kata dia, hanya ada satu ruangan yang dibangun yakni ruang kunjungan.


"Pembangunannya itu hanya satu. Semua blok kita renovasi karena kalah di atas, pengaruh kebocoran, sengnya juga sudah berumur," tutupnya.


*Afri/B
 

 

loading...