Skip to main content

8 Pelajar MAN IC Gowa Sabet Juara di Event Kompetensi Sains Madrasah 2019

Siswa MAN IC Gowa

Pelajar MAN IC Gowa di Event Kompetensi Sains Madrasah 2019


KABAR.NEWS, Makassar - Delapan siswa/pelajar dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Gowa berhasil menyabet juara dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019.

 

Dalam event tahunan ini, KSM mengukur atau memperlombakan beberapa pelajaran sains seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, dan Geografi terintegrasi dengan soal-soal agama. 

 

Hal tersebut dimaksudkan agar generasi milenial tidak hanya cerdas dari IQ (Intelligence Quotient), tetapi juga cerdas dari EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spritual  Quotient). 

 

KSM sendiri merupakan ajang bergengsi bagi siswa-siswa madrasah, namun pasa tahun ini event tersebut bukan hanya diikuti oleh siswa madrasah di bawah naungan kementerian agama, melainkan juga diikuti oleh sekolah umum, salah satunya SMA 5 Gowa. 

 

MAN IC Gowa sebagai madrasah aliyah yang baru beroperasi di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulsel yang turut berpartisipasi dalam ajang tersebut dengan membawa 30 orang siswa dalam beberapa lomba. 

 

Meskipun MAN IC Gowa yang dipimpin Dra. Hj. Supiana selaku Kepala madrasah, masih terbilang baru, namun hal itu tidak bisa dipandang sebelah mata karena terbukti dalam lomba tersebut, siswa-siswa MAN Insan Cendekia mampu melampaui siswa-siswa dari madrasah lainnya dengan menjuarai berbagai bidang studi.

 

Adapun bidang ilmu yang menjadi keunggulan dan kebanggaan dari MAN IC Gowa pada kompetisi sains kali ini, yaitu Geografi, Ekonomi, Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Untuk bidang studi Geografi,

 

Dimana MAN IC Gowa memboyong tiga juara sekaligus, antara lain, juara 1 diraih oleh Hanin Fadiyah Nugraha, juara 2 oleh Alif Rezky Rinaldy, dan juara 3 oleh Putri Salsabila. 

 

Selanjutnya, bidang studi Biologi, Hanin Fadiyah Nugraha kembali unggul di urutan ke-1 dan Alief Rezky Rinaldy berada di urutan ke-2, sedangkan bidang studi Kimia, Fathu Rahman Al Haer berhasil menempati posisi ke-2. 

 

Hal lain yang sangat membanggakan, yaitu untuk bidang studi Ekonomi, A. Sabitha Nur Salsabilah menempati posisi 1. Di sisi lain, bidang studi Fisika dan Matematika Muhammad Qusay dan Muhammad Chairul Sahar cukup membanggakan karena meraih juara 3. hal ini disampaikan melalui keterangan tertulis dari Humas MAN IC Gowa Muhammad Ikram.

 


Baca Juga : Asrama Siswa MAN 2 Parepare Bakal Jadi Ikon Kementerian Agama

 

Kepala Madrasah, Hj. Supiana mengharapkan agar kegiatan KSM ini bisa menjadi cambuk atau motivasi bagi semua peserta didik MAN IC Gowa untuk konsisten mengikuti kompetisi sains dan teknologi, serta meraih juara dalam berbagai bidang ilmu yang diperlombakan. 

 

"Saya juga mengharapkan keikutsertaan siswa-siswa tersebut bisa mengantarkan mereka menembus juara KSM tingkat nasional, serta memberikan kejayaan bagi agama Islam dan negara kita, Indonesia," tuturnya

 

 

loading...