Imigrasi Makassar: Kedatangan 20 TKA China Sudah Sesuai Prosedur

Disebut telah melalui karantina kesehatan

Imigrasi Makassar: Kedatangan 20 TKA China Sudah Sesuai Prosedur
Kepala Kator Imigrasi kelas I Makassar Agus Winarto (tengah) saat menggelar konfrensi pers di Kantornya Jl Perintis kemerdekaan Makassar, Senin (5/7/2021) (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah).












 KABAR.NEWS, Makassar - Kepala Kantor Imigrasi kelas I Makassar, Agus Winarto menyebut 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang masuk ke Sulawesi Selatan pada Sabtu, 3 Juli 2021, merupakan penumpang penerbangan domestik.


Agus Winarto menjelaskan bahwa TKA tersebut merupakan penumpang penerbangan domestik dari Jakarta ke Makassar dan tidak melalui tempat pemeriksaan Imigrasi. 


"Sebelumya mereka telah tiba di Jakarta pada 25 juni 2021 lalu dan telah melalui prosedur karantina dan pemeriksaan kesehatan," ujar Agus Winarto di kantor Imigrasi Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (5/7/2021).


Lolosnya 20 TKA China tersebut menuai sorotan publik, lantaran mereka masuk ke Indonesia saat pemerintah menerapkan PPKM darurat di Jawa dan Bali. Mereka juga berdatangan saat penularan Covid-19 semakin mengganas.


Diketahui 20 TKA tersbut akan bekerja di smelter PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia di Kabupaten Bantaeng, Sulsel, yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) . 


"Visa yang mereka gunakan untuk masuk ke indonesia adalah visa yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Imigrasi dan kami yakin bahwa TKA tersebut telah melalui prosedur kesehatan yang berlaku," pungkas Agus Winarto. 


Penulis: Irvan Abdullah/A