Ibrahimovic Pensiun, Tolak Tawaran Masuk Tim Pelatih Milan

* Pensiun di usia 42 tahun

Ibrahimovic Pensiun, Tolak Tawaran Masuk Tim Pelatih Milan
Seremoni perpisahan Zlatan Ibrahimovic usai AC Milan melawan Hellas Verona di San Siro, Milan, Senin (5/6/2023). (Foto: Official AC Milan)

KABAR.NEWS, Milan - Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic secara resmi pensiun dari dunia sepak bola. Ibra gantung sepatu setelah menjalani karir sepak bola yang luar biasa selama 22 tahun.


Perpisahan Ibra dari lapangan hijau digelar usai laga AC Milan melawan Hellas Verona di San Siro pada Senin (5/6/2023) dini hari WITA. Momen haru pun menyelimuti San Siro malam tadi.


Ibra memutuskan pensiun di usia 42 tahun setelah membawa Milan menjuarai Serie A musim 2021/2022. Cedera lutut yang berkepanjangan sejak Mei 2022, sedikit-banyak memengaruhi keputusan sang legenda mengakhiri karir.


Keputusan pensiun diakui Ibra diumumkan secara mendadak kepada Milan. Menurutnya, keputusan itu dipertimbangkan hanya beberapa hari.


"Saya tidak memberi tahu siapa pun bahwa saya akan meninggalkan sepak bola. Saya baru saja memberi tahu klub bahwa kami harus melakukan sesuatu untuk pertandingan terakhir, tetapi mereka tidak tahu itu adalah pensiun,” kata Ibrahimovic dalam konferensi pers di San Siro dikutip Football Italia.


Ibra memulai karir profesionalnya di klub Malmo, Swedia pada tahun 1999. Setelahnya, pemain kelahiran 3 Oktober 1981 itu melanglang buana ke sejumlah klub terbaik Eropa.


Ibra pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Juventus dan membawa Inter Milan meraih Scudetto tiga musim berturut. Setelahnya, Ibra bergabung dengan Barcelona, Paris-Saint Germain, Manchester United dan LA Galaxy.


Sepanjang karir profesionalnya, mantan penyerang Timnas Swedia itu telah mencetak 507 gol. Ibra dikenal sebagai pemain yang memiliki tendangan akrobatik.


Sebelum memutuskan pensiun sebagai pemain, Ibra mengaku ditawari pelatih AC Milan Stefano Pioli untuk bergabung dalam staf kepelatihan. Hanya saja, Ibra belum memikirkan hal tersebut.


“Untuk saat ini, saya hanya ingin meluangkan waktu dan menikmati apa yang telah saya lakukan. Tidak benar mengambil keputusan dengan tergesa-gesa, terlalu banyak emosi saat ini. Saya ingin mengambil cuti musim panas, merenung dan kemudian kita akan lihat," pungkas Ibra.