Skip to main content

Hutan Lindung di Jeneponto Terbakar, Diduga Karena Puntung Rokok

kebakaran
Kawasan Hutan Lindung Pinus Loka Jeneponto Terbakar.(its)


KABAR.NEWS, JENEPONTO - Kebakaran kawasan hutan yang banyak ditumbui Pohon Pinus di Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, terbakar, Minggu (20/10/2019).

 

Hingga saat ini api tersebut belum bisa dipadamkan. Pasalnya, lokasi kebakaran itu tak bisa dijangkau oleh mobil pemadam. Titik api berada jauh dari permukiman warga atau berada di tengah kawasan hutan lindung.

 

Kapolsek Rumbia, Aiptu Bakri mengatakan, pihaknya bersama tim Polisi Hutan (Polhut) dan warga setempat belum berhasil memadamkan api yang membakar hutan lindung pinus.

 

"Apu belum bisa dipadamkan, lantaran lokasi kebakaran tidak bisa dijangkau oleh mobil pemadam karena berada jauh dari pemukiman warga atau berada di tengah - tengah kawasan hutan lindung," jelas Aiptu Bakri.


Kata dia, kebakaran tersebut awalnya terjadi sekira pukul 10.00 Wita hingga Pukul 16.00 Wita dan api makin membesar. Hanya saja, Kapolsek belum dapat memastikan sumber api. Namun ia menduga api tersebut disebabkan dari puntung rokok yang dibuang warga. 

 

"Saat ini petugas polhut sementara masih melakukan pemadaman api, dengan dibantu warga setempat. Namun api kian membesar," pungkasnya Aiptu Bakri

 

Sampai saat ini, api semakin meluas. Bahkan si jago merah sudah sampai di perkebunan dan permukiman penduduk setempat.


 

*Akbar Razak/B

 

 

loading...