HM21 Semakin Termotivasi atas Hasil Polling Media Bulukumba

Pilkada Bulukumba

HM21 Semakin Termotivasi atas Hasil Polling Media Bulukumba
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (KABAR.NEWS/Arya)

KABAR.NEWS, Bulukumba - Tim Pasangan Calon Bupati Bulukumba Nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniaati Makking atau HM21 menanggapi hasil polling Pilkada Bulukumba 2020 yang dirilis dua media online Radarselatan.co.id dan Kumanika.com beberapa waktu lalu.


Dalam jajak pendapat media Radarselatan yang telah masuk pada sesi ketiga pada Jumat (30/10/2020) sore, menempatkan paslon HM21 dipuncak top polling dengan perolehan 38 persen (261 voters) disusul paslon nomor 3, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau dengan hasil 31 persen (210 voters).

 

Posisi ketiga Paslon Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf memperoleh 16 persen (110 voters). Terakhir paslon
Askar HL-Arum Spink 15 persen (101 voters).


Baca juga: Hamzah-Murniati Dinilai Bangkitkan Semangat Berpolitik Pemuda & Perempuan


Sementara pada polling Kumanika.com, Hamzah-Murniati juga tetap bertengger diposisi atas dengan memperoleh 34 persen (1.036 voters) disusul paslon Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau dengan 32 persen (976 voters).


Posisi ketiga paslon Askar HL-Arum Spink dengan 16 persen (504 voters). Terakhir pasangan Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf  15 persen (467 voters). Slot pemilih yang belum menentukan sikap ada sekitar 3 persen.


Koordinator Tim Pemenangan HM21, Irwan Natsir, mengklaim persentase polling dua media tersebut tak jauh berbeda dari temuan lembaga survei yang mereka gunakan. Pihaknya termotivasi atas hasil itu.


“Karena setelah kami telusuri, survei di dua media ini masih ratusan responden sampel dengan margin error 5 persen sehingga sudah sangat tepat dan berkesimpulan pada hasil risetnya sendiri bahwa masih sangat banyak warga yang menyatakan baru akan memastikan pilihan ketika waktu pilkada sudah dekat,” kata Irwan dalam rilisnya, Jumat.


“Survei Kumanika juga berkesimpulan bahwa dukungan warga kepada masing-masing calon masih sangat mungkin berubah. Ini tentu jadi pertimbangan dalam membaca hasilnya” lanjut irwan.


Baca juga: Pilkada Bulukumba: HM21 Klaim Sudah Didukung 27.000 Pemilih


“HM21 juga menggunakan beberapa lembaga survei nasional untuk memotret hal yang sama karena sangat penting untuk mengukur upaya-upaya elektoral yang telah kami lakukan,” kata irwan lagi.


Kesimpulan di dua polling ini tersebut, masih menurut irwan, menunjukkan potensi perubahan elektoral akan sangat drastis dari hasil riset ini dalam sisa waktu yang ada.


“Sehingga kami konsisten menggunakan hasil survei internal dengan realibilitas yang lebih kuat,” tandas
dia.


Penulis: Syarif/ C