Skip to main content

Hendak Pancing Ikan, Nelayan Ini Justru Temukan Makhluk Mirip Alien

Hendak Pancing Ikan, Nelayan Ini Justru Dapat Makhluk Mirip "Alien"
Ikan langka asli Australia yang dikenal sebagai ob cacing goby ’ditangkap di taman nasional Kakadu di Wilayah Utara. (Foto: Andrew Rose via The Guardian)

KABAR.NEWS,  Australia - Andrew Rose, seorang nelayan terhenyak kaget ketika melihat mata pancingnya disambar makhluk aneh yang disebut mirip "Alien" dari fiksi film ilmiah.


Baca juga: Harga Bra Artis Ini Setara dengan Harga Satu Mobil Honda HR-V, Tertarik?

Ikan langka yang disebut mirip alien itu, ditemukan Andrew Rose saat memancing di Taman Nasional Kakadu, bagian utara Australia. Dikutip dari The Guardian, makhluk ini ternyata bernama Cacing Goby memiliki panjang 15 cm.


Makhluk mirip alien ini memiliki ciri tanpa mata dan bergigi tajam. "Itu tampak pra sejarah," kata Rose kepada Guardian Australia. “Itu terlihat seperti sesuatu yang kamu lihat di film," tambah Rose dikutip, Sabtu (2/3/2019).


Dia mengaku, sejak dua tahun terakhir memancing di taman Kakudu hanya untuk mencari ikan tuna dan barramundi. Namun di siang itu dia bersama rekannya sesama pemancing, Tee Hokin dikejutkan dengan makhluk mirip alien.


Rose mengatakan cacing goby adalah gigitan pertama yang dia dapatkan setelah enam jam tidak berhasil. "Kami tidak tahu apa itu. Kami mengambil foto, melepasnya dan memasukkannya kembali ke dalam air," ungkap Rose.


Di media sosial, banyak yang membandingkan ikan atau cacing itu dengan Xenomorph, spesies alien mengerikan dari film horor fiksi ilmiah dan sekuelnya pada tahun 1979.


Kepada ABC, Tee Hokin mengatakan, saat pertama kali melihat Cacing Goby, hal pertama yang dia pikirkan adalah film Alien dengan Sigourney Weaver dan makhluk-makhluk yang keluar dari perut orang.


"Bahkan makhluk tidak bergerak atau menggeliat. Itu seperti terpana, seperti mode sembunyi-sembunyi. Anda mungkin akan buang air besar di celana jika makhluk itu lebih besar," beber Tee Hokin.


Baca juga: Perubahan Sulu Laut Ancam Kepunahan Kura-kura

Dr Michael Hammer, seorang ahli ikan dari Museum dan Galeri Seni Northern Territory, mengatakan kepada ABC bahwa dia mengira itu adalah cacing goby, dari genus Taenioides.


Hammer mengatakan ikan mirip alien itu, berasal dari NT, "jarang dilihat orang" dan tidak berbahaya.