Hasil Rekap KPU Tator: Theo Balas Kekalahan atas Nico-Victor

Theo-Zadrak menang

Hasil Rekap KPU Tator: Theo Balas Kekalahan atas Nico-Victor
Paslon Bupati Tator Theofilus Allorerung - Zadrak Tombeg. (Instagram/theozadrak)






KABAR.NEWS, Makale - Pasangan Theofilus Allorerung - Zadrak Tombeg (Theo-Zadrak) memenangkan Pilkada Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, berdasarkan hasil final rekapitulasi perhitungan suara yang digelar KPU setempat.


Dalam rapat pleno terbuka KPU Tator di Aula Hotel Pantan Makale, Rabu (16/12/2020), paslon nomor urut 1 itu menang dengan perolehan 57.057 suara.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan Theo atas paslon petahana Nicodemus Biringkanae - Victor Datuan Batara (Nico-Victor) pada Pilkada 2015 lalu. (Lihat juga: Klaim Unggul, Theo-Zadrak Minta Timnya Tak Larut Euforia)


Pada Pilkada di Bumi Lakipadada lima tahun lalu, Theo yang berpasangan Yohanis Lintin Paembongan kalah dari Nico-Victor yang menang dengan perolehan 51.297 suara. Saat itu, status petahana Theo dipecundangi.


Lima tahun berselang atau Pilkada tahun 2020 di tengah pandemi ini, giliran Theo-Zadrak berbalik mempecundangi Nico-Victor yang kalah dengan jumlah 51.628 suara. Di bawah paslon petahana itu ada nomor urut 3, Albertus Pattaruk - John Diplomasi memperoleh 30.159 suara.

Rapat pleno terbuka KPU Tana Toraja tentang perhitungan suara dan penetapan calon terpilih di Makale, Rabu (16/12/2020). (KABAR.NEWS/Febriani)


Ketua KPU Tator, Rizal Randa mengatakan bahwa pelaksanan rekapitulasi penghitangan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tator disaksikan oleh saksi paslon, serta diawasi oleh Bawaslu.


"Dalam rapat rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan penjumlahan data - data dari diseluruh kecamatan dalam wilayah kabupaten dalam fomulir Model D. Hasil Kecamatan-KWK dan dituangkan dalam formulir Model D. Hasil Kabupaten/Kota-KWK," terang Rizal. (Lihat juga: Selesai! KPU Tetapkan Indah-Suaib Pemenang Pilkada Lutra)


Rizal mengungkapkan sebanyak 138.844 surat suara Pilkada Tator dinyatakan sah. "Jumlah data sah dan tidak sah untuk Tator ini sebanyak 139.922," pungkasnya.


Diketahui, Theo-Zadrak yang memenangkan Pilkada Tator 2020 diusung tiga partai politik yaitu Partai Demokrat, Gerindra dan PKPI. 

Penulis: Febriani/A